5 Tips Mendesain Taman untuk Rumah Minimalis

taman minimalis sederhana
Rumah minimalis model sekarang biasanya tidak pernah lepas dengan adanya taman, baik di depan maupun di sekitar rumah. Karena konsep yang diusung adalah minimalis modern, sudah pasti taman yang dibuat juga harus mendukung konsep ini. Sayangnya, meskipun hanya sebagai pelengkap penghias rumah, mendesain taman tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan kreativitas dari pemiliknya. Lalu, bagaimana cara mendesain taman yang minimalis agar model rumah yang sederhana menjadi tampak indah? Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan:

1. Membuat Pembatas

Sebagai dasar untuk membuat taman di rumah minimalis, Anda harus menggunakan garis yang tegas. Garis tegas yang bisa berupa dinding maupun pagar ini dapat sebagai petunjuk adanya batasan taman dengan komponen rumah yang lain.
taman minimalis

Dengan adanya garis tegas ini pula, kehadiran taman akan semakin tampak terlihat sebagai pembuka sebelum mengetahui desain rumah bagian dalam. Dengan kata lain, taman yang terlihat menonjol semakin membuat rumah menjadi lebih eksklusif.

2. Menggunakan Paving


taman minimalis
pinterest.com
Untuk lebih menonjolkan kesan minimalis, sertakan paving pada taman. Gunakan pula warna abu-abu agar tampak lebih sederhana. Kehadiran paving ini dapat diterapkan di sekitar taman, di tengah-tengah taman, atau beberapa sudut taman. Hanya saja, Anda harus pandai dalam menata dan meletakkannya.

Jangan sampai kehadiran paving justru membuat desain taman menjadi semrawut. Akan lebih aman jika Anda membuat gambaran peletakan paving ini pada kertas terlebih dahulu sebelum benar-benar mengaplikasikannya.

3. Menghadirkan Air Terjun Buatan


taman minimalis
Saat ini, banyak sekali foto rumah model sekarang yang menyertakan air terjun pada taman rumah tersebut. Ya, sebuah taman memang akan semakin indah jika diberi sebuah air tejun buatan. Bukan hanya menambah keasrian taman, suara gemericik air yang tercipta juga mampu memberikan nuansa nyaman dan segar bagi siapa saja yang mendengarnya.

Karena berada di taman yang kecil, sudah pasti air terjun juga dibuat ukuran kecil. Ada banyak pilihan desain air terjun, seperti tema bebatuan atau bergaya Bali. Akan lebih apik lagi jika air terjun ini disertai dengan kehadiran kolam ikan. Air terjun dapat ditempatkan pada salah satu dinding pembatas, di tengah taman, atau mana saja di mana tidak banyak terdapat tanaman. Dengan begitu, bagian yang kosong dari taman ini pun akan tertutupi.

4. Pemilihan Tanaman yang Tepat


taman minimalis
Sebenarnya, tidak ada tanaman tertentu untuk taman rumah minimalis. Semua tergantung dari selera dan kecocokkannya dengan bentuk rumah. Pada umumnya, selain tanaman-tanaman kecil, terdapat satu buah tanaman besar sebagai fokus taman sekaligus perindang.

Atau, jika Anda bingung untuk memilih tanaman apa yang cocok untuk menghiasi taman rumah Anda, silakan datang langsung ke tempat penjual tanaman lengkap. Anda akan mempunyai referensi berbagai tanaman yang indah dan cocok untuk taman minimalis.

5. Penataan Tanaman


taman rumah sederhana
Yang tidak kalah pentingnya saat mendesain taman minimalis adalah menata berbagai tanaman yang sudah tersedia. Peletakan tanaman ini tidak boleh sembarangan. Kombinasi ketinggian maupun warna tanaman harus diperhatikan pada saat meletakkannya di taman. Peletakkan yang indah juga akan memberikan kesan yang indah pula pada keseluruhan taman.

Ingin punya taman, namun tidak punya banyak waktu untuk merawatnya? Jangan khawatir! Taman model minimalis adalah solusinya. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, lahan yang sempit tetap bisa Anda manfaatkan sebagai taman mini sesuai keinginan. Selamat mencoba!

0 Response to "5 Tips Mendesain Taman untuk Rumah Minimalis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel