6 Tips Mendesain Rumah Minimalis Agar Tampak Elegan

Model rumah yang sederhana sering menjadi pilihan masyarakat saat ini, terlebih di kota-kota besar. Semakin padat penduduk, membuat lahan yang dimiliki tidaklah luas. Dengan lahan yang sempit tersebut, satu-satunya jalan untuk membangun hunian hanyalah dengan konsep minimalis. Sebab, hanya dengan konsep inilah, rumah sempit tetap akan tampak elegan dan nyaman untuk dihuni. Namun, untuk mendapatkan rumah minimalis yang elegan bukan perkara mudah. Berikut ini tips yang harus Anda lakukan untuk bisa mendesain rumah minimalis model sekarang.

1. Menghindari Banyak Partisi


Saat mendesain rumah minimalis, baik sendiri maupun dengan bantuan arsitek, minimalkan penggunaan partisi atau pembatas ruangan di dalam rumah. Sebab, partisi ini hanya akan membuat ruangan tampak semakin sempit. Anda bisa menyiasati hal ini dengan membuat satu ruangan multifungsi.

Sebagai contoh, ruang dapur sekaligus ruang makan atau ruang keluarga sekaligus ruang tamu. Dengan begitu, Anda lebih minim dalam penggunaan partisi dan lebih banyak ruang terbukanya.
interior rumah minimalis
Pinterest.com

2. Memaksimalkan Ruangan yang Ada


Semaksimal mungkin, hindari penggunaan perabot terlalu banyak di dalam rumah. Manfaatkan tembok sebagai penyimpanan atau penempatan perabot. Sebagai contoh, letakkan televisi menempel pada dinding daripada meletakkannya pada almari televisi. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan ruangan bawah tangga untuk menyimpan rak sepatu atau perabot lain.

Yang terpenting dalam hal ini, tata dengan baik semua perabot tersebut agar tidak tampak semrawut.

3. Pilihlah Warna yang Tepat


Untuk memberikan kesan luas dan lapang, penerapan warna terang, seperti putih, abu-abu terang, atau krem, adalah yang paling tepat. Hindari untuk memberikan kombinasi warna yang berlebihan, terlebih warna gelap seperti hitam, abu-abu gelap, biru, dan sebagainya.

Warna aksen kayu yang dipadupadankan dengan warna furniture juga bisa diterapkan, asal dikombinasikan dengan warna coklat muda atau krem, sehingga kesan elegan tetap didapat dan ruangan tidak tampak sempit.

4. Penggunaan Cermin


Anda juga bisa menempatkan cermin di beberapa sudut rumah yang tampak sempit, seperti lorong atau kamar tidur. Pantulan bayangan yang diciptakan cermin akan memberi kesan lebih luas dua kali lipat dari luas suatu ruang.

Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan, pada satu ruangan cukup terapkan satu cermin saja. Banyaknya cermin justru akan membuat Anda bingung, bahkan jika malam hari terkadang justru memberikan kesan mistis.

5. Pemilihan Furniture yang Sederhana Tapi Unik


Jangan penuhi rumah dengan berbagai perabot. Pilihlah perabot yang penting saja, seperti almari dan sofa. Bahkan, jika memungkinkan, pilihlah perabot yang multifungsi, seperti sofa yang bagian bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan koleksi buku. Atau, bisa juga memilih tempat tidur yang bagian bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan baju.

Bentuknya pun diusahakan yang simple namun unik. Sebagai contoh, di atas meja tamu diberi vas mungil untuk mempercantik ruang tamu.

6. Sirkulasi Udara dan Cahaya Sangat Baik


Untuk memberikan kesan lega, sirkulasi udara harus dibuat sangat baik sehingga ruangan selalu mendapat udara segar. Begitu juga pencahayaan yang cukup. Beberapa jendela atau ventilasi sangat penting untuk diaplikasikan sehingga baik udara maupun sinar matahari dapat masuk dan menerangi hampir seluruh ruangan bagian depan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mendesain rumah minimalis. Sebagai tambahan gambaran, Anda bisa mencontoh beberapa gambar rumah model sekarang yang mengusung tema minimalis. Pilihlah yang mempunyai desain sesuai selera dan pastinya akan memberikan rasakan nyaman.

0 Response to "6 Tips Mendesain Rumah Minimalis Agar Tampak Elegan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel