Tren Rumah Minimalis Modern Terbaru Masa Kini

Sekarang ini model rumah minimalis modern semakin banyak digemari. Hal ini dikarenakan desain pada rumah bergaya minimalis yang umumnya terkesan modern dan sederhana. Di samping itu pula, rumah ini tergolong lebih fleksibel, sehingga cocok jika dibangun di atas lahan yang memiliki ukuran minim. Seiring perkembangan zaman, kreasi dan inovasi desain rumah bergaya minimalis semakin bermunculan, terutama model rumah bergaya minimalis terbaru yang futuristik seperti saat ini.

Tak hanya memiliki desain yang terlihat apik, penggunaan material yang memiliki tingkat ketahanan tinggi yang diaplikasikan dalam waktu yang lama juga menjadikan model rumah bergaya minimalis terbaru tidak cepat usang dimakan usia.

Hunian Minimalis Dengan Konsep Warna Monokrom

rumah minimalis modern
pinterest.com

Model rumah minimalis terkini yang sedang tren ialah rumah dengan konsep warna monokromatis. Penerapan warna ini sebenarnya mengadopsi model rumah bergaya minimalis yang sebelumnya sudah populer tepatnya di pertengahan tahun 2016 dan memiliki warna ciri khas yang lebih simpel. Tren rumah ini diprediksi terus berlanjut pada tren model rumah bergaya minimalis yang akan datang.

Umumnya warna-warna bertema monokrom untuk fasad tren rumah bergaya minimalis ini tak hanya dilihat dari finishingnya saja yang berupa cat tembok luarnya saja. Selain itu, konsep warna monokrom ini juga diaplikasikan pada jendela rumah dan kusen pintu rumah bergaya minimalis terbaru. Seringkali fasad yang terdapat pada model hunian minimalis ini juga memadukan aksen batu alam berwarna gelap seperti warna hitam, bisa juga dengan warna terang seperti warna putih.

Hunian Minimalis Dengan Sentuhan Batu Alam

rumah minimalis dengan batu alam
pinterest.com

Tren rumah bergaya minimalis yang sedang populer dan menjadi tren sekarang ini ialah model rumah dengan sentuhan ornamen batu alam. Biasanya pemakaian batu alam tersebut diaplikasikan hampir pada tiap-tiap bagian rumah. Pada bagian fasad atau tampak depan rumah sendiri, rumah minimalis ini memanfaatkan lapisan batu alam pada dinding, lantai teras rumah, pilar teras, hingga bagian pagar rumah.

Walaupun memanfaatkan batu alam, model rumah bergaya minimalis ini tetap memperlihatkan kesederhanaan. Pemakaian batu alam pada model rumah minimalis modern biasanya tak hanya memakai batu alam bermotif ataupun berbentuk rumit saja. Adapun jenis batu yang digunakan untuk melengkapi konsep rumah bergaya minimalis terbaru saat ini ialah batu alam dengan bagian permukaannya yang dibuat beralur seragam atau graver, lalu dipoles memakai mesin, atau bisa juga dengan cara dibakar sehingga menghasilkan warna yang senada.

Desain hunian minimalis terbaru dengan memanfaatkan ornamen batu alam tersebut sebenarnya telah mengikuti tren rumah minimalis yang telah berlangsung selama beberapa tahun ke belakang ini. Di samping itu, batu alam sebagai material yang digunakan juga mempunyai tingkat ketahanan tinggi, karenanya memiliki kekuatan dan warna yang awet. Faktor tersebut juga membuat desain rumah bergaya minimalis terbaru ini tetap mempertahankan tren pemakaian batu alam menjadi material finishing pada rumah ini.

Hunian Minimalis dengan Split Level

hunian minimalis split floor
pinterest.com

Rumah minimalis terkini yang juga sebagai tren terbaru ialah hunian minimalis dengan split level. Di samping menjadikan tampilan rumah tampak lebih apik, pemakaian split level ini juga menampilkan penataan pada tata ruang rumah terlihat lebih optimal. Sebab lahan yang digunakan untuk membangun rumah sekarang ini semakin terbatas, karenanya optimalisasi penataan ruang dengan memanfaatkan split level ini kian menjadi tren dan semakin digemari.

Adapun konsep yang kini menjadi tren pada rumah berdesain minimalis ini berhubungan dengan model konstruksi yang dapat menciptakan space lebih dengan cara memperlihatkan perbedaan pada ketinggian lantai. Sedangkan perbedaan ketinggian pada rumah dengan konsep split level ini menjadikan seluruh ruangan tampak lebih lapang dan lebih besar.

Hunian Minimalis Dengan Finishing Kayu

rumah minimalis kayu
pinterst.com

Rumah minimalis terkini yang juga sedang tren adalah rumah bergaya minimalis menggunakan finishing kayu. Adapun kayu yang diterapkan pada desain hunian minimalis terbaru, umumnya hanya dipoles dengan tujuan untuk mempertahankan keaslian warnanya. Bentuk kayu yang digunakannya pun sederhana, umumnya hanya berbentuk batangan lurus atau lembaran saja tanpa dibentuk ukiran atau dengan bentuk-bentuk rumit yang lainnya.

Bahan kayu dalam desain rumah bergaya minimalis yang kini sedang tren umumnya diaplikasikan pada pintu garasi, shading jendela, railing balkon, rangka kanopi, sampai anak tangga berikut handrail-nya.

Hunian Minimalis Dengan Full Height Window yang Mendominasi

contoh rumah minimalis
pinterest.com

Desain rumah bergaya minimalis terbaru lainnya adalah rumah bergaya minimalis dengan full height window pada hampir setiap bagian fasadnya. Pemakaian bahan kaca bening dalam jendela berukuran besar menjadikan desain rumah ini terkesan lebih leluasa dan megah. Di samping itu, penampilan luar pada rumah minimalis ini juga lebih terkesan simpel dan stylish.

Pemakaian full height window dalam desain rumah bergaya minimalis ini juga membuat rumah terkesan lebih eco friendly. Hal tersebut dikarenakan cahaya matahari yang masuk di pagi maupun siang hari langsung bisa menerangi seluruh bagian ruangan rumah, karenanya model rumah bergaya minimalis terbaru ini terhindar dari yang namanya lembab dan pengap, yang membuatnya tidak nyaman.

Hunian Minimalis Berkonsep Pola Garis


Desain hunian minimalis dengan konsep pola garis juga termasuk salah satu desain rumah minimalis terbaru yang kini sedang tren. Penggunaan pola garis pada rumah bergaya minimalis ini dapat mempercantik tampilan hunian tanpa memberi kesan desain yang terlihat rumit. Selain itu, pola garis juga menjadikan rumah minimalis ini terlihat lebih elegan dan modern.

Pola garis dalam desain hunian minimalis ini biasanya diaplikasikan pada kanopi, shading jendela, pilar teras, dekorasi dinding eksterior, railing tangga, hingga pagar. Bahan yang diterapkan untuk membentuk garis pada rumah minimalis ini dapat berupa bata merah, beton, besi, alumunium, atau kayu.

Hunian Minimalis Geometris Nan Futuristik

contoh rumah minimalis futuristis
pinterest.com

Model rumah minimalis yang kini menjadi tren ialah model rumah geometris yang futuristik. Umumnya desain rumah seperti ini memperlihatkan bentuk kubus, maupun bentuk geometris yang lainnya, seperti bentuk trapesium yang tak biasa diaplikasikan pada rumah berdesain konvensional. Adapun kesan futuristik pada rumah ini diperkirakan tidak akan mudah ketinggalan zaman.

Banyaknya model rumah minimalis saat ini, membuat kita sebagai calon pemilik rumah semakin mudah menentukan pilihan model rumah yang diinginkan sesuai kebutuhan maupun selera masing-masing. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang tak boleh Anda lupakan saat ingin menciptakan konsep minimalis pada hunian baru. Di bawah ini ada beberapa tips yang harus Anda ikuti saat membangun rumah bergaya minimalis!

Tips Desain Rumah Minimalis


Dengan lahan yang kian terbatas membuat rumah sekarang ini semakin berukuran kecil, dan biasanya sering disebut sebagai rumah minimalis. Rumah minimalis kian banyak diminati masyarakat karena modelnya yang modern dan juga lebih simpel. Akan tetapi, tidak berarti rumah yang berukuran kecil ini tak nyaman ditempati. Apalagi jika Anda mengetahui trik dan tips untuk membangun rumah bergaya minimalis, tentu saja membuat Anda mudah mendapatkan hunian minimalis dengan tampilan yang lebih menarik dan nyaman ditempati.

Adapun beberapa hal yang perlu disiasati agar rumah mungil Anda terasa lebih luas, nyaman dan juga modern, seperti berikut :

1. Menghindari Partisi Ruangan Berlebihan

Membuat partisi atau pembatas ruangan tentu harus dipikirkan matang-matang saat Anda ingin mengusung konsep rumah minimalis pada hunian Anda. Adapun hal yang perlu diingat ialah, jika dipasang pembatas ruangan secara berlebihan justru membuat rumah terlihat lebih sempit. Demi menyiasati hal ini, beberapa ruangan bisa dijadikan satu ruangan saja tanpa adanya sekat dinding, sebagai gantinya Anda bisa menggunakan perabotan di rumah sebagai pembatas.

2. Memaksimalkan Ruangan yang Ada

Jangan membuat hunian Anda terlihat sempit dengan meletakkan semua perabotan yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Hal yang juga harus diperhatikan ialah jangan menaruh perabotan terlalu banyak di dalam rumah. Anda dapat menyiasatinya dengan pemakaian rak dinding sebagai tempat penyimpanan buku, dibanding meja, atau pemakaian rak TV di rumah yang menempel pada dinding dibandingkan TV set lama yang menghabiskan space ruangan di rumah Anda.

3. Penggunaan Warna yang Tepat

Mengecat ruangan dengan warna lebih terang atau warna putih bisa memberikan kesan yang lapang dan luas. Sebaiknya hindari memakai warna terlalu banyak. Kombinasi warna aksen kayu, abu-abu terang, dan putih kini memang sedang tren. Desain rumah yang dipadukan warna-warni terang dan sederhana mungkin dapat dicoba jika Anda ingin merenovasi salah satu ruangan di dalam rumah atau jika Anda sedang membeli hunian terbaru.

4. Pilih Furniture yang Unik

Saat ini ada banyak sekali pilihan furniture unik untuk rumah minimalis, baik itu dilihat dari segi warna maupun desainnya. Sebuah rumah bergaya minimalis modern pun harus menerapkan konsep perabotan yang sederhana namun tetap unik. Seperti sentuhan pajangan dengan gambar-gambar yang unik dan menarik sehingga memberikan kesan yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan model vas bunga untuk mempercantik ruangan di dalam rumah. Sehingga, meskipun serba terkesan minimalis, namun Anda tak akan merasa jenuh.

5. Menggunakan Cermin

Dengan semakin besar cermin yang digunakan, tentu semakin baik. Hal ini dikarenakan cermin bersifat memantulkan bayangan sehingga bisa membantu menampilkan ilusi optik sehingga membuat desain interior rumah minimalis seakan-akan bertambah besar. Ini pastinya sangat bermanfaat bagi rumah minimalis, sebab seolah-olah bisa menambah ruangan yang baru dalam rumah.

6. Sistem Sirkulasi Udara dan Pencahayaan yang Baik

Jika hunian Anda menghadap menuju arah matahari terbit, hal tersebut sangat baik sebab Anda dapat memperoleh manfaat sinar matahari di pagi hari. Di samping baik untuk kesehatan, juga dapat mengurangi tingkat kelembaban di dalam ruangan. Menggunakan jendela yang berukuran lebar bisa Anda gunakan sehingga bisa memperoleh manfaat secara optimal. Di samping itu, pemakaian pencahayaan di dalam rumah pun harus diupayakan supaya tak terlalu suram. Terapkan pencahayaan yang cukup, dengan begitu ruangan punt terasa lebih leluasa.

Penting juga untuk memperhatikan sirkulasi udara agar berfungsi secara optimal untuk mencegah pengap di dalam rumah. Dengan memaksimalkan pemakaian ventilasi udara, di sini Anda juga bisa menghemat pemakaian pendingin udara.

7. Rumah Selalu Dalam Kondisi Bersih

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hindari pemakaian perabotan yang kurang penting di rumah Anda. Apabila terlalu menumpuk, bisa menimbulkan kesan yang ruwet karenanya membuat penghuni rumah merasa bosan bahkan stress. Anda harus perhatikan penempatan perabotan dengan konsep yang membuatnya terlihat sederhana. Ciptakan kondisi untuk mempermudah Anda membersihkan rumah. Dengan kondisi rumah yang rapi dan bersih tentu saja membuat perasaan pun lebih senang, serta bisa mencegah terjadinya stress.

Selain itu, Anda bisa menaruh peralatan kebersihan, seperti vacuum cleaner, sabun, sapu, kain pel, dan sebagainya di satu lemari khusus untuk peralatan kebersihan sehingga membuat ruangan tetap tertata dengan baik dan rapi.

8. Terapkan Objek Untuk Pengalih Perhatian

Lukisan yang berukuran besar dengan objek gambar menarik bisa menjadi perhatian utama para tamu saat berkunjung ke rumah pertama kali. Di samping membuat rumah terlihat lebih menarik, ini juga bisa mengalihkan perhatian pengunjung atau tamu terhadap kondisi rumah yang sempit. Akan tetapi, Anda juga harus ingat untuk tidak memanfaatkan perabotan berukuran besar yang ditaruh di lantai, sebab hal tersebut bisa memakan ruang lebih banyak.

9. Mendesain Tangga Seminimalis Mungkin

Jika rumah bergaya minimalis sederhana yang Anda miliki terdapat tangga, maka buatlah seminimal dan seramping mungkin. Ini tentu sangat berguna demi menghemat ruang di dalam rumah. Selain itu, disarankan juga untuk menempatkan tangga tersebut di ujung rumah sehingga tak mengganggu pemandangan sekaligus tidak menghabiskan tempat di dalam ruang utama.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mendesain tangga lewat arah bervariasi dan tak harus selalu lurus. Hal tersebut dapat dilakukan untuk meminimalisir dan menghemat ruang, sebab tangga yang modelnya lurus justru lebih menghabiskan banyak space, entah itu di lantai bawah ataupun di atasnya. Anda bisa mencoba bentuk tangga melingkar atau membentuk huruf L sebagai pilihan paling tepat.

Memilih Desain Rumah Minimalis


Rumah merupakan tempat perlindungan yang seharusnya nyaman untuk ditempati, tempat berkumpul sekaligus sebagai area privasi untuk tiap penghuninya. Sekarang ini, ada banyak konsep rumah yang bisa kita lihat, salah satunya ialah konsep hunian minimalis. Walaupun ada kkata minimalis, tapi bukan berarti membuat hunian tersebut tidak nyaman ditempati karena sesak. Karenanya Anda bisa mencoba tips-tips di atas untuk mendapatkan hunian minimalis yang nyaman.

Biasanya rumah minimalis selalu didirikan di lahan yang tak terlalu luas. Ini umumnya dijumpai di area perkotaan yang padat penduduknya. Akan tetapi ada beberapa keunggulan yang didapatkan jika menerapkan konsep rumah bergaya minimalis, salah satunya ialah lebih hemat yang dan tenaga saat membersihkan sudut-sudut ruangannya.

Konsep hunian minimalis yang baik dan nyaman membuat penghuni rumah tentu lebih antusias dan betah saat berada di dalam rumah. Adapun prinsip pembangunan rumah berukuran kecil ini pun sebenarnya tak bertele-tele. Dalam hal ini, Anda hanya harus menyiasatinya saja antara ketersediaan ruangan dengan kebutuhan yang ada pada rumah minimalis tersebut, karena itu diperlukan pemanfaatan lahan secara optimal sesuai kegunaannya.

Selain itu, perlu pemikiran yang cerdas pada penghuni maupun arsiteknya, karena dengan lahan terbatas Anda harus bisa menyediakan ruangan yang pas untuk tiap penghuni rumah maupun ruangan-ruangan yang bisa mendukung aktivitas saat di dalam rumah. Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah.

Biasanya tips untuk memilih rumah minimalis diaplikasikan dengan cara membangun rumah 2 lantai untuk menambah ruang dalam bangunan terlihat cukup luas. Akan tetapi, sebenarnya tak semua rumah bergaya minimalis mengusung bangunan 2 lantai, sebab biasanya akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan para penghuninya, misalnya untuk kebutuhan kamar mandi atau kamar tidur. Umumnya biaya juga dapat berpengaruh terhadap hal tersebut.

Demikian sharing dari kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ditanyakan atau mau menambahkan informasi, atau bagikan jika menurut anda post ini beranfaat. baca artikel2 lain tentang rumah dan segala informasinya dirumahkita.com

0 Response to "Tren Rumah Minimalis Modern Terbaru Masa Kini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel