Rumah Kayu? Aman Tidak Ya?

rumah kayu
pinterest.com
Api merupakan salah satu hal yang mungkin membahayakan rumah unik dari kayu. Tapi apakah rumah kayu benar-benar tidak cocok untuk dihuni? Mari kita tengok ulasan berikut ini.

Penyebab terjadinya kebakaran


Salah satu hal yang akan kita bahas adalah mengenai kebakaran. Kita sudah belajar mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan api. Diantaranya ada 3 faktor yaitu :
  • Sumber api
  • Oksigen
  • dan juga bahan bakar
Untuk komponen 2 dan komponen 3 memang sangat mudah untuk kita temukan di sekeliling kita tapi untuk komponen pertama yaitu sumber api hanya akan terjadi jika ada kelalaian yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Misalnya lilin yang jatuh atau bisa juga karena adanya kesalahan instalasi listrik yang menyebabkan arus pendek.

Dari ulasan ini kita sudah bisa mengambil sedikit garis merah, bahwa kebakaran tidak akan datang dengan mudah. Artinya memiliki rumah dari bahan kayu tetap merupakan hal yang dinilai cukup aman. Selain karena komponen penting dalam kebakaran tidak selalu ada, ada alasan lain mengapa dapat disebut sebagai bahan atau material yang aman dari api. Apa saja? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Kayu memiliki kadar kelembaban


Rumah kayu sederhana cantik selalu terbuat dari kayu yang memiliki kelembaban, kelembaban yang ada di dalam kayu inilah yang menjadi kunci fire-safety yang dimiliki oleh kayu. Kayu pada dasarnya merupakan salah satu unsur yang natural ia akan menyerap kelembaban yang ada disekitarnya, mempertahankannya dan juga menghembuskannya lagi ke lingkunganya. Hal inilah yang membuat tidak semua kayu mudah terbakar. Jika kayu merupakan sebuah unsur yang sangat mudah terbakar, maka kita tidak akan menemukan adegan-adegan film yang kesulitan dalam menyalakan api di hutan bukan?

Ya, memang untuk membakar kayu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, diperlukan kayu yang sangat kering untuk membuat api. Bahkan beberapa harus menjemur kayu dahulu supaya kelembaban di dalam kayu tersebut menghilang.

Kayu memiliki ketahanan terhadap panas yang tinggi


Hal lainnya yang menyebabkan kayu menjadi salah satu bahan yang aman untuk digunakan membangun rumah adalah karena kayu memiliki ketahanan terhadap panas yang tinggi. Mari kita bandingkan antara kayu dengan metal. Metal merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam bangunan, tapi tahukah anda bahwa sesungguhnya bahan bangunan dari logam ini merupakan bahan yang berbahaya? hal ini disebabkan karena penghantar panas yang sangat baik. Mereka memiliki titik didih sekitar 3000 C hingga 4000 saja. Ketika metal menyentuh suhu tersebut secara otomatis mereka akan berubah bentuk dan bangunan akan menjadi rubuh.

Lalu bagaimana dengan kayu? Kayu memiliki titik lebur yang jauh ada di atas metal. Kayu dapat menahan panas hingga suhu 10000 C dan ketika bagian luar kayu terbakar hingga suhu 10000 C bagian dalam kayu tidak akan pernah memiliki suhu di atas 1000 C. Dilihat dari perbandingan ini anda pasti sudah bisa menyimpulkan seberapa amannya sebuah kayu sebagai bangunan untuk rumah bukan?

Lalu apakah kayu adalah bahan yang benar-benar tidak bisa menimbulkan kebakaran?


Baik itu kumpulan rumah kayu sederhana atau hal-hal organik yang ada di alam tentu merupakan bahan yang bisa dibakar. Akan tetapi kayu bukan bahan yang dapat dengan mudah mengalami kebakaran. Hal ini merupakan salah satu titik penting yang harus di garis bawahi.

Selain itu, baik itu rumah dari kayu atau rumah dari bata atau rumah dari metal, juga akan terbakar ketika ada api yang muncul karena kelalaian seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu jika anda memiliki model rumah kayu panggung jangan takut dan ragu untuk merealisasikannya.

0 Response to "Rumah Kayu? Aman Tidak Ya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel