Ini 5 Konsep Penataan Ruang Rumah Minimalis Sederhana Type 36

penataan rumah minimalis
pinterest.com

Saat membangun sebuah rumah, kita tentu harus sudah memikirkan bagaimana sistem tata ruang rumah sederhana pada setiap ruangan yang ada di dalam rumah. Adapun ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah, umumnya meliputi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, ruang dapur, ruang makan, dan kamar tidur.

Semua ruangan tersebut bisa Anda tata sesuai kebutuhan dan keinginan. Tak semua ruangan di dalam rumah mempunyai konsep tata ruang yang serupa. Sebab Anda juga dapat memadukan konsep-konsep dari setiap ruangan yang berbeda tergantung kegunaan ruangan itu sendiri.

Tips Penataan Setiap Ruang di Dalam Rumah Minimalis


Ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan dalam penataan ruang rumah minimalis, seperti berikut :

1. Penataan Ruang Tamu


Dalam mendesain ruang tamu, pengadaan furniture atau perabotan harus menyesuaikan konsep yang telah ditetapkan. Anda dapat memanfaatkan konsep ruang bergaya klasik dengan pemakaian perabotan yang sebagian besar terbuat dari kayu, seperti meja, kursi, hingga hiasan ruangan. Di samping itu, untuk menunjang kesan klasik dalam sebuah rumah Anda dapat menambahkan sistem pencahayaan di dalam ruangan melalui pemakaian lampu kuning ketimbang memakai lampu putih yang terang.

Sementara dalam konsep ruangan rumah minimalis, Anda dapat memakai sofa berbentuk persegi dengan tambahan meja dari multiplex, maupun kursi dan meja yang terbuat dari material stainless. Hiasan pada ruangan klasik juga dapat disiasati dengan memanfaatkan ukiran-ukiran unik kerajinan tangan, sementara hiasan dalam ruang minimalis sendiri dapat memanfaatkan lukisan, foto-foto, dan vas bunga.

Untuk jendela ruang tamu bisa Anda berikan gorden dengan warna sesuai warna pada perabotan dan dinding. Sebaiknya pemilihan warna gorden jangan terlalu ramai, hal ini bertujuan untuk menciptakan keselarasan antara gorden dengan suasana di dalam ruangan tersebut. Pada mejanya, Anda dapat meletakkan karpet sebagai pelengkap keindahan visual.

2. Penataan Ruang Keluarga


Konsep penataan ruangan rumah sederhana pada ruang keluarga sama seperti pada ruang tamu. Hanya saja, untuk menata ruangan ini Anda bisa menatanya lebih leluasa dan bebas, sehingga bisa memberikan suasana yang lebih nyaman melalui konsep yang santai. Mengingat ruang keluarga adalah ruang tempat berkumpulnya anggota keluarga sekaligus sebagai tempat untuk bersantai. Maka dari itu, di dalam ruang keluarga kita bisa meletakan pendingin ruangan, dan TV.

3. Penataan Ruang Dapur


Dalam menata ruang dapur, alangkah baiknya Anda menerapkan ventilasi atau jendela dengan baik. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dapur terhadap kebocoran gas. Selain itu, bermanfaat juga sebagai sirkulasi cahaya yang masuk di siang hari. Anda juga bisa membuat kitchen set atau lemari dapur berbentuk semi paten atau paten yang ditempelkan di dinding. Sehingga penyimpanan lemari/kitchen set tersebut tidak memakan banyak tempat. Tata pula penyimpanan perkakas dapur, seperti alat masak, piring, dan alat lainnya dengan rapi.

4. Penataan Kamar Tidur


Sistem penataan kamar tidur bisa disesuaikan menurut usia pemiliknya. Jika pemilik kamar tidur adalah Anda bersama pasangan, maka kamar mungkin membutuhkan perabotan lengkap dengan ukuran yang cukup besar. Sementara untuk kamar remaja mungkin bisa didesain dengan perabotan yang tak terlalu besar dengan jumlah yang tak terlalu banyak. Di samping itu, pada kamar juga dapat ditempatkan beberapa kebutuhan penunjang hobi, seperti video game, alat musik, buku bacaan, atau televisi.

5. Penataan Ruang Makan


Saat menata ruang makan Anda dapat menyesuaikannya dengan ruangan yang menyatu dengan ruang makan ini, baik itu ruang dapur ataupun ruang keluarga. Apabila ruang makan disatukan dengan ruang dapur atau ruang keluarga, maka konsepnya dapat disamakan seperti konsep pada ruang dapur atau ruang keluarga. Akan tetapi, apabila ruang makan terpisah Anda pun bisa menatanya sendiri.
.
Itulah 5 konsep penataan rumah type 36 sesuai dengan fungsi ruangan itu sendiri yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Ini 5 Konsep Penataan Ruang Rumah Minimalis Sederhana Type 36"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel