Apa itu konsep “Cozy Minimalism” dan Bagaimana Mendapatkannya

Interior rumah sangat sederhana yang belakangan ini sangat populer adalah konsep desain “Cozy Minimalism”. Konsep desain seperti ini merupakan paduan antara konsep desain nyaman dan minimalis yang sering kali bertabrakan.
interior cozy minimalism
pinterest.com

Mengapa konsep nyaman dan minimalis bertabrakan


Konsep rumah yang nyaman biasanya identik dengan sofa yang fluffy, bantal-bantal besar dan juga bentuk-bentuk yang cenderung tebal dan berpantul. Hal ini sangat bertentangan dengan konsep desain minimalis yang sering kali mengutamakan bidang geometri baik untuk arsitektur ataupun untuk perabotan dalam rumah. Hal inilah yang menyebabkan 2 konsep ini terkesan bertantangan.

Meski pun terkesan dan terdengar bertentangan, tapi sebetulnya kedua konsep ini merupakan konsep yang sangat menyatu jika dilakukan dengan cara yang benar. Bagaimana caranya? Berikut adalah ulasannya.

Buat dasar fundamental


Ketika anda akan membuat sebuah penataan rumah type 36 dengan konsep “Cozy Minimalism”, maka hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah dasar yang ingin anda buat. Gunakanlah fungsionalitas sebagai bintang atau tujuan dari desain yang akan anda buat. Jika anda sedang membuat desain kamar tidur yang “Cozy Minimalism”, maka biarkan tempat tidur menjadi poin utama dalam desain anda tanpa menggunakan aspek-aspek lain yang kan membuat mata anda salah fokus.

Hal ini juga berlaku untuk ruang keluarga, jika anda sedang mendesain ruang keluarga gunakan tempat duduk sebagai primadona anda. Kunci dari konsep “Cozy Minimalism” adalah menggunakan elemen desain selain elemen utama dari sebuah ruang sebagai pemeran pembantu.

Buat tekstur berlayer


Setelah anda selesai dengan elemen fungsi, maka hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah aspek “Cozy” dari ruangan yang sedang anda kerjakan. Aspek cozy ini salah satunya dibentuk dengan menggunakan dekorasi tertekstur yang berlayer. Contohnya adalah anda sedang membuat desain sebuah area tidur, maka gunakan karpet dengan warna yang natural, anda bisa bermain tekstur disini. Gunakan karpet lalu tempatkan tempat tidur anda, letakkan kasur, selimut dan juga hiasan seperti selimut bulu di atasnya. Hal ini akan membuat tampilan dari ruang tidur menjadi lebih nyaman.

Jangan membatasi penggunaan aksesoris


Berbeda dengan konsep minimalis yang sejati, konsep “Cozy Minimalism” membutuhkan banyak aksesoris sebagai peran pembantu untuk menampilkan tampilan konsep “Cozy Minimalism” ini. Yang disebut sebagai aksesoris untuk tempat tidur anda adalah hal-hal yang memiliki nilai seni yang akan menambahkan value dari ruangan yang sedang anda desain. Contohnya, penggunaan karpet bulu, penggunaan bantal dan guling, kaca dan juga wall art dan masih banyak lagi lainnya.

Selain menggunakan aksesoris-aksesoris yang memberikan kesan dan konsep “cozy” anda juga bisa menggunakan aksesoris-aksesoris yang dekat dengan konsep desain minimalis seperti aksesoris berupa tumbuh-tumbuhan atau hal-hal lainnya yang memiliki konsep natural .

Tetap gunakan konsep warna minimalis


Karena anda sudah menambahkan ini itu pada ruangan anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan cat dengan konsep minimalis pada ruangan anda. Contohnya penggunaan warna-warna yang terang dan juga natural.

Membuat rumah dengan konsep “Cozy Minimalism” merupakan salah satu cara yang sangat menarik untuk dilakukan. Bahkan konsep ini tidak hanya cocok digunakan untuk desain rumah tapi juga untuk desain café modern yang saat ini cukup booming. Untuk biayanya sendiri biaya desain interior café dengan gaya ini mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih besar karena dibutuhkan aksesoris yang lebih banyak.

0 Response to " Apa itu konsep “Cozy Minimalism” dan Bagaimana Mendapatkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel