Aturan 3 pada Desain Interior

Apa itu aturan tiga dalam seni menata ruang? Apa yang menarik darinya dan bagaimana cara tepat untuk membuatnya dalam penataan ruang rumah minimalis? Berikut ini adalah ulasannya.

Apa itu aturan tiga?


Aturan tiga atau sering disebut dengan “The Rule of Threes” merupakan sebuah aturan atau lebih tepatnya konsep mengenai pemberian dekorasi pada salah satu bangunan rumah. “The Rule of Threes” merupakan sebuah konsep yang menyatakan bahwa hal-hal yang berbau dekorasi dan di atur dalam jumlah yang ganjil akan terasa lebih menarik, berkesan dan lebih efektif dibandingkan dengan pengaturan dalam jumlah ganda. Bisa coba anda bayangkan. Membuat tatanan batu dengan 3 jumlah baru di dalamnya dengan tatanan dengan 4 batu? Mana yang menurut anda akan lebih mudah diingat?

Bagaimana konsep ini diaplikasikan?


Seperti yang disebutkan sebelumnya konsep “The Rule of Threes” dilakukan dengan memberikan dekorasi dengan jumlah ganjil seperti 3, 5, 7 hingga 9 dan seterusnya. Meski ada banyak angka yang bisa digunakan tapi tetap angka ajaib yang paling berkesan adalah angka 3. Konsep ini merupakan konsep yang paling banyak diaplikasikan dalam desain interior rumah, akan tetapi di zaman sekarang ini , konsep desain ini juga banyak diaplikasikan pada design exterior rumah minimalis atau bahkan seni-seni yang lain seperti seni desain grafis, fotografi dan masih banyak lagi lainnya.

Mengapa konsep “The Rule of Threes” ini lebih menarik?


Ketika kita anda bertanya mengapa konsep “The Rule of Threes” ini menarik tentu anda harus mempertanyakan pada diri anda. Tapi untuk penjelasan lebih ilmiahnya, konsep ini menjadi lebih menarik karena cara kerja dari otak manusia. Contohnya adalah 3 merupakan jumlah terkecil dari benda yang bisa kita bedakan patternnya di dalam pikiran kita. Lalu bagaimana dengan jumlah ganjil lainnya? Untuk jumlah ganjil lainnya terasa lebih menarik karena ketika kita menjumpai jumlah ganjil, maka mata kita akan dipaksa untuk bergerak lebih sehingga otak akan merasakan sensasi dan pengalaman yang lebih menyenangkan dan lebih mudah diingat.

Pengaplikasian konsep “The Rule of Threes” dalam desain interior


Lalu bagaimana pengaplikasian “The Rule of Threes” ini dalam design interior rumah mungil. Caranya sangat mudah, berikut ini ulasannya.
  • Gunakan 3 objek yang sama tapi memiliki model yang berbeda
  • Pilih dekorasi sebuah ruangan dengan maksimal 3 warna
  • Buat hiasan dinding dengan menggunakan desain frame beragam berjumlah ganjil
  • Dan masih banyak lagi.
Dengan menggunakan konsep “The Rule of Threes” ini apapun yang anda tata dengan jiwa seni anda bisa menjadi karya seni. Bahkan 3 topi tua yang anda jajar di dinding anda dengan konsep “The Rule of Threes” ini bisa menjadi sebuah dekorasi yang akan mengisi ruang kosong di dinding rumah anda.

Kesimpulan


Menggunakan konsep “The Rule of Threes” ini tidak hanya terbatas pada penggunaan dekorasi dalam wujud benda. Melainkan anda juga bisa menggunakan konsep ini untuk memilih warna, tekstur dan hal-hal lainnya yang berbau dekorasi. Bukankah dengan menggunakan konsep sederhana ini membuat dekorasi rumah menjadi lebih mudah? Apalagi untuk anda yang sedang mempelajari seni desain interior ruangan. Pasti akan lebih terbentuk dengan adanya konsep ini.

Tapi meski konsep ini bisa dibilang mujarab, tapi jangan pernah lupa untuk memainkan sisi seni yang anda miliki. Karena apa pun itu tanpa seni dan keindahan tidak akan membuat desain ruangan minimalis type 36 di rumah anda terlihat istimewa.
desain interior rumah minimalis
pinterest.com

0 Response to "Aturan 3 pada Desain Interior"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel