Ketahanan Rumah Kayu dari Gempa Bumi

Ingin membuat gambar rumah minimalis dari kayu menjadi real tapi takut dengan ketahanan rumah kayu terhadap gempa? Berikut ini adalah kenyataan mengenai rumah kayu yang harus anda ketahui.
bangunan anti gempa
Source : https://bit.ly/2yQ11SS

Bagaimana pertahanan kayu terhadap gempa bumi


Mari kita tengok rumah masa lalu dari masyarakat Jepang, dari dahulu, masyarakat Jepang memiliki rumah yang terbuat dari bahan kayu. Bahkan sampai tempat-tempat istimewa seperti bangunan pagoda dibuat dari bahan kayu. Lalu apa yang terjadi di Jepang pada saat terjadi gempa dengan skala 6.8 di Hyoko-Ken Nambu? Dengan gempa sedahsyat itu, pagoda kebanggaan negri sakura itu tetap berdiri karena menggunakan kerangka dari kayu. Mengapa kayu dapat begitu kuat terhadap guncangan gempa? Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan kayu sangat kuat menghadapi gempa.

Kayu memiliki bobot yang ringan


Salah satu hal yang menyebabkan banyak rumah kayu yang selamat setelah menghadapi gempa adalah karena bobot kayu yang sangat ringan. Sedangkan kuatnya sebuah guncangan yang dirasakan oleh bangunan sangat dipengaruhi oleh bobot dari bangunan itu sendiri. Dengan skala gempa yang sama, bangunan yang dibuat dengan desain rumah kayu minimalis 2 lantai akan mengalami lebih sedikit shock dibandingkan dengan rumah bata berlantai satu. Hal ini kembali ke konsep di atas bahwa makin besar bobot sebuah benda, maka makin besar guncangan yang ia alami, sedangkan rumah kayu yang memiliki bobot lebih ringan tentu akan mengalami guncangan yang lebih kecil.

Kayu adalah material yang kaku dan kuat


Hal lainnya yang membuat sebuah bangunan dari kayu memiliki ketahanan yang tinggi terhadap adanya efek gempa bumi adalah adalah karena material kayu yang kaku dan juga kuat. Material kayu yang kaku ini akan mempertahankan rumah dari efek guncangan agar dapat diminimalisir.

Bangunan kayu lebih fleksibel


Meski kayu merupakan material yang kaku dan kuat, akan tetapi setelah dibangun ia akan menjadi bahan yang fleksibel. Hal ini disebabkan karena dinding kayu terbuat dari sekumpulan kayu yang disatukan dengan menggunakan paku dalam jumlah yang besar. Hal ini menyebabkan bangunan yang memiliki rangka dari bahan kayu memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan dari bahan tembok.

Fleksibilitas yang dimiliki oleh model rumah kayu ulin ini menyebabkannya lebih aktif bergoyang dengan cara membelok ketika ada gempa bumi yang menyerang. Berbeda dengan tembok bata yang gerakannya akan lebih kaku. Dengan gerakan yang kaku, lama kelamaan dinding akan runtuh.

Rumah dari kayu memiliki struktur yang berulang


Ketika anda melihat rumah dari kayu, khususnya rumah kayu yang dibangun dari kayu gelondong pastinya anda akan melihat bahwa pengerjaan kayu ini dilakukan secara berulang yang menyebabkan bangunan menjadi lebih kokoh. Karena pengerjaan yang berulang inilah yang menyebabkan rumah kayu menjadi lebih kebal terhadap adanya gempa bumi.

Kesimpulan


Rumah kayu merupakan rumah yang sangat aman jika dikaitkan dengan gempa bumi. Oleh karena itu pembangunan rumah dengan menggunakan kayu ini dapat dinilai sangat cocok terutama dilakukan di Indonesia yang belakangan ini rawan sekali dengan gempa bumi. Mungkin sebagian besar dari anda yang membaca artikel ini tetap akan takut untuk membuat rumah dari kayu karena ancaman lain seperti api. Tapi anda tidak perlu khawatir, kami akan memberikan tips bagi anda untuk menjaga rumah panggung Sunda modern aman dari lahapan si jago merah di artikel selanjutnya.

0 Response to "Ketahanan Rumah Kayu dari Gempa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel