Menjaga Rumah Kayu Aman dari Api

kebakaran rumah kayu
Biaya membuat rumah kayu terhitung murah dibanding bata. Tapi banyak orang kemudian khawatir dengan api jika menggunakan kayu untuk membuat rumah. Jika ini juga kekhawatiran anda, kami berikan tips untuk menghindarinya.

Memiliki dasar pengetahuan pencegahan api


Dalam artikel sebelumnya kami telah membahas bahwa api akan muncul jika ada 3 aspek yang dipenuhi. Mereka adalah oksigen, bahan bakar dan juga sumber api. Api memang bermanfaat, tapi jika penggunaannya teledor dapat menyebabkan hal yang berbahaya seperti kebakaran.

Entah rumah anda terbuat dari kayu atau dari bata tapi jika anda tidak memiliki dasar pencegahan dan penggunaan api yang benar, maka kebakaran rumah mungkin tidak bisa dihindari. Selama anda mengaplikasikan cara penggunaan api yang benar dan menghindarkan penggunaan api yang tidak bertanggung jawab oleh anak-anak anda yang masih kecil, maka pencegahan terhadap kebakaran akan sangat mudah dilakukan.

Menggunakan coating untuk rumah kayu anda


Untuk anda yang menggunakan jasa pembuatan denah rumah kayu sederhana dan pembangunan rumah yang profesional. Hal ini tentu sudah tidak perlu anda khawatirkan. Pihak jasa yang profesional akan menyelesaikannya untuk anda. Memberikan coating atau lapisan yang kedap api merupakan cara yang paling cerdas untuk menghindarkan rumah anda dari kebakaran. Anda dapat mengaplikasikannya pada dinding, interior, pada langit-langit dan bagian-bagian lain dari rumah. Hanya saja, pastikan anda menggunakan cat yang bening atau natural jika ingin menjaga warna alami kayu yang ada di rumah anda.

Menginstalasi alarm api


Seperti yang dimiliki oleh hotel, bagi anda yang ingin memiliki rumah yang lebih aman untuk dihuni dari api, penggunaan alarm asap merupakan hal yang sangat cerdas. Meski begitu ketahuilah bahwa kayu bukan merupakan material yang mudah terbakar, bahkan jika dibandingkan rumah yang terbuat dari bahan metal akan lebih mudah roboh daripada rumah yang terbuat dari kayu. Hal ini disebabkan karena metal merupakan penghantar panas yang baik dan memiliki titik lebur yang jauh lebih rendah dari kayu. Bahkan bisa dibilang titik lebur dari kayu 3 kali lebih tinggi dari pada metal.

Menyiapkan tabung pemadam kebakaran


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terbuat dari apapun rumah anda, cara yang paling baik untuk memberikan perlindungan adalah dengan mempersiapkan pertolongan pertama untuk bencana-bencana seperti tabung pemadam kebakaran. Akan tetapi sebelum anda membeli, pastikan dahulu tabung pemadam kebakaran anda berisi bahan yang cocok digunakan untuk meredakan api dari berbagai sumber. Contohnya, jika terjadi kebakaran yang disebabkan oleh listrik hindari penggunaan tabung pemadam kebakaran yang terbuat dari air. Hal ini akan memperburuk kondisi kebakaran yang dialami rumah anda.

Mengajarkan kebiasaan yang aman dari api


Mengedukasi anggota keluarga dan siapapun yang masuk ke rumah panggung Sunda sederhana yang anda miliki adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini penting untuk menjaga mereka dari hal-hal yang ceroboh terutama yang berhubungan dengan api. Yang paling penting adalah ajarkan anak-anak anda mengenai pentingnya menjauh dari api yang berbahaya dan tidak menggunakan api sebagai bahan permainan.

Kesimpulan


Kayu adalah bahan natural yang memungkinkan keberadaan api menjadi lebih besar. Akan tetapi semua jenis bahan organik seperti tripleks juga memiliki kemungkinan yang besar terbakar. Hanya saja untuk membakar kayu bukan hal yang mudah. Apalagi kayu yang digunakan untuk membuat rumah. Kayu yang digunakan untuk membuat rumah sudah pasti memiliki bagian dalam yang lembab sehingga cukup sulit untuk membuat api darinya. Oleh karena itu jangan takut untuk membuat contoh rumah panggung minimalis anda menjadi kenyataan.

0 Response to "Menjaga Rumah Kayu Aman dari Api"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel