Perbandingan Rumah Kayu VS Rumah Bata

rumah dari bahan bata
pinterest.com
Desain rumah panggung modern atau desain rumah bata modern? Untuk anda yang masih bingung ketika akan memilih keduanya berikut adalah ulasan perbandingan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan rumah dari bahan bata


Kita mulai dari kelebihan rumah yang terbuat dari bata. Untuk kelebihannya sesungguhnya ada sangat banyak, apa saja?
  • Lebih populer
Rumah yang terbuat dari bahan bata memang memiliki kelebihan utama berupa popularitasnya. Rumah dari bahan bata tentu terlihat lebih indah dan lebih elegan serta umum. Hal ini bukan berarti menjadi unik dengan rumah kayu bukan hal yang penting, tapi ketika anda akan pindah rumah, menjual produk yang lebih aman di pasar akan lebih mudah untuk dilakukan. Ya, menjual rumah yang terbuat dari bahan bata memang jauh lebih mudah dibanding rumah kayu jika tujuannya adalah untuk tempat tinggal.
  • Lebih tahan terhadap cuaca dingin
Kelebihan lain dari rumah yang terbuat dari bahan bata adalah udara panas lebih lama terjebak di dalam rumah. Hal ini sebetulnya bukan hal yang perlu dibahas mengingat Indonesia memiliki iklim tropis sehingga sebagian besar areanya memiliki cuaca yang hampir selalu panas.
  • Memiliki ketahanan yang tinggi
Rumah dari batu bata memiliki ketahanan yang lebih tinggi, baik itu dari api, dari badai, dari rayap dan tentunya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Kelebihan rumah dari bahan kayu

rumah kayu model panggung
pinterest.com
Sesungguhnya rumah dari kayu juga memiliki banyak kelebihan. Oleh karena itu jika anda sudah mendapatkan gambar rumah panggung sederhana untuk dibuat, tidak ada salahnya untuk segera memulai proyek anda. Tapi apa kelebihan yang dimiliki oleh rumah kayu dibanding rumah dari bahan bata? Berikut ulasannya.
  • Biaya lebih murah
Salah satu kelebihan membangun rumah dari bahan kayu adalah biaya pembangunannya yang lebih mudah. Untuk membangun rumah dari bata anda akan membutuhkan pasir, bata, semen dan juga besi sebagai cagarnya. Berbeda dengan rumah kayu, untuk membuat rumah dari bahan kayu anda hanya akan membutuhkan kayu dan juga paku. Bahkan jika anda membuat log wooden house anda malah tidak akan memerlukan paku dalam jumlah besar karena untuk mengunci kayu dapat dilakukan dengan teknik tersendiri.
  • Lebih tahan terhadap perubahan suhu ekstrim
Model dinding rumah kayu memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap perubahan suhu yang ekstrim. Jika rumah bata hanya akan bertahan di musim dingin, rumah kayu dapat membantu anda untuk bertahan di musim panas atau dingin. Pasalnya, ketika cuaca menjadi panas suhu kayu akan tetap mempertahankan kesejukan sedangkan pada saat cuaca dingin rumah akan tetap hangat.
  • Tahan terhadap gempa bumi
Jika rumah dari bahan bata aman terhadap api, rumah dari bahan kayu akan lebih aman dari adanya bencana gempa bumi. Hal ini disebabkan karena bangunan kayu lebih ringan dan memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi.

Kekurangan 


Untuk kekurangannya berikut adalah ulasannya.
  • Rumah dari bahan bata
Untuk rumah dari bahan bata kekurangannya adalah materialnya lebih mahal dan beragam. Selain itu rumah dari bata lebih sulit untuk dibongkar jika ada renovasi. Kekurangan lainnya terkadang bata memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda serta lebih mudah berjamur ketika kelembaban tinggi.
  • Rumah dari bahan kayu
Untuk anda yang berada di daerah yang rawan rayap, memiliki model rumah panggung minimalis mungkin akan sangat berbahaya. Tapi jika anda membuatnya dengan bantuan jasa pembuat rumah kayu yang profesional. Hal ini akan dicegah sedini mungkin.

0 Response to "Perbandingan Rumah Kayu VS Rumah Bata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel