Tips dan Ide Desain Interior Rumah Mungil Sederhana

Tips desain interior rumah sederhana, Hunian yang nyaman merupakan hal terpenting yang harus dipenuhi dan layak dipertimbangkan oleh pemiliknya. Meskipun Anda tinggal di rumah bertipe 36, dengan luas lahan seadanya, tentu Anda tak boleh mengabaikan dekorasi rumah minimalis tipe 36 yang lebih mengutamakan fungsionalitas dan kenyamanan. Sehingga rumah mungil yang Anda miliki bisa membuat seluruh penghuni rumah di dalamnya merasa lebih betah dan tidak merasa monoton. Selain fungsi kenyamanan, rumah dengan desain dan tata kelola yang tepat juga bisa menyehatkan seluruh penghuni di dalamnya. Inilah alasan kenapa Anda harus benar-benar memikirkan desain interior yang tepat pada hunian Anda.
desain interior rumah
pinterest.com

Rumah Mungil Nyaman dan Sehat Dengan Desain Maksimal


Walaupun ukuran hunian Anda tidak besar, namun Anda tetap bisa memiliki hunian yang nyaman dan menyehatkan. Jadi sudah saatnya untuk mengkreasikan lingkungan yang Anda tempati menjadi sebuah hunian yang sehat, nyaman, aman dan membuat seisi rumah merasa lebih betah. Walaupun Anda tinggal di rumah mungil sekalipun, Anda tetap bisa melakukan desain dalam rumah sederhana dengan sedemikian rupa, dimulai dari penataan furniture yang tepat. Dengan kata lain ukuran hunian bukan perkara yang harus dipikirkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati design interior rumah kecil, tanpa harus merenovasinya apalagi melakukan perubahan secara besar-besaran di setiap ruangan yang ada di rumah Anda. Kami akan memberikan rahasia mengkreasikan sebuah hunian menjadi lingkungan yang tak hanya nyaman ditempati, tetapi juga menyehatkan walaupun ukuran hunian Anda tak terlalu besar.

Tips Desain Interior Rumah Mungil Nyaman dan Menyehatkan


Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat Anda melakukan tata ruang rumah sederhana, diantaranya :

1. Perhatikan Ventilasi

Mungkin kita sering menjumpai sebuah rumah mungil yang mana para pemiliknya tak terlalu memikirkan ventilasi di dalam penataan rumahnya, dampaknya rumah terkesan sumpek dan pengap. Ini tentu memberikan kesan tidak nyaman, baik bagi pengunjung rumah apalagi penghuni rumah di dalamnya. Seperti kita ketahui, hunian yang sehat ialah hunian yang memiliki sirkulasi udara yang cukup dengan sistem ventilasi yang baik di dalamnya.

Terutama dalam tata ruang rumah type 36, penting sekali adanya sistem ventilasi yang baik di dalam rumah. Dengan adanya ventilasi yang cukup membuat rumah Anda terasa lebih segar dan leluasa, dampak positifnya penghuni di dalamnya pun merasa nyaman saat berada di dalam rumah. Karena itu, pastikan setiap ruangan di rumah Anda harus mempunyai ventilasi yang baik di dalamnya.

Kini saatnya untuk mengecek seluruh ruangan yang ada di rumah Anda kembali, apakah rumah Anda sudah memiliki ventilasi yang baik atau belum?

2. Sistem Pencahayaan Alami

Faktor ini juga sangat penting diperhatikan, rumah tanpa sistem pencahayaan alami bisa membuat rumah tersebut terkesan gelap dan menyeramkan. Untuk menciptakan sistem pencahayaan alami ini, Anda harus menerapkan jendela berukuran besar sehingga cahaya matahari bisa memasuki setiap ruangan di dalam rumah. Pemakaian jendela tak hanya berfungsi sebagai bukaan demi mendapatkan sumber cahaya yang masuk ke dalam rumah saja, tetapi juga merupakan cara yang tepat untuk membuat rumah terkesan luas.

Di samping itu, pemberian jendela juga bisa membuat sirkulasi udara yang masuk lebih baik, lebih dari itu Anda juga bisa melihat pemandangan di luar rumah. Karenanya udara yang masuk ke dalam rumah terasa lebih segar.

Lalu, Bagaimana Design Interior Rumah Mungil yang Seharusnya?


Perhatikan pula beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam mendesain rumah mungil sederhana, di bawah ini :

1. Singkirkan Perabotan yang Tak Terlalu Penting

Apakah Anda pernah berpikir, jika rumah yang sempit dan sesak dikarenakan kita masih menyimpan perabotan yang tidak berguna di dalam rumah? Ya, jika Anda masih menyimpan perabotan-perabotan yang sudah rusak atau sudah tidak digunakan, sebaiknya buang atau jika masih bisa digunakan bisa di daur ulang atau bahkan diberikan pada saudara atau tetangga yang membutuhkan. Ini lebih baik daripada Anda menyimpannya di dalam rumah, namun membuat kondisi rumah terkesan sumpek.

Mulai sekarang, pilih perabotan mana saja yang benar-benar Anda gunakan lalu singkirkan perabotan yang sudah tak diperlukan lagi. Jika Anda berencana untuk membeli perabotan baru, usahakan memilih desain dan model yang lebih simpel serta tak terlalu banyak motif. Pilih perabotan yang tidak memakan banyak tempat, sehingga tetap membuat ruangan di rumah Anda tetap lapang.

2. Pilih Perabotan yang Multifungsi

Selain memiliki nilai estetik yang tinggi, furniture yang dipilih tentu saja harus berfungsi dengan baik. Usahakan untuk tidak meletakkan perabotan dengan cara menghimpitnya dinding rumah. Letakan perabotan tersebut di sela-sela ruangan atau di bagian tengah. Dengan penempatan furniture yang kurang tepat, tak hanya membuat efek visualisasi yang tidak nyaman saja tetapi juga bisa mereduksi fungsi furniture tersebut.

Penempatan perabotan pada sela-sela ruangan atau bagian tengah ruangan bisa menciptakan ilusi pada ruangan terlihat lebih luas. Dalam penataan ruang rumah minimalis ini mengharuskan Anda untuk melihat potensi furniture yang digunakan. Salah satunya ialah dengan pemakain set tempat tidur yang memiliki laci/rak penyimpanan di bawahnya, berpotensi besar untuk menyiasati minimnya pemakaian storage space.

Bisa juga dengan memilih meja yang bisa didesain menyatu dengan laci/rak buku, karenanya bisa lebih menghemat tempat.

3. Terapkan Warna-Warna Terang

Memaksimalkan masuknya cahaya ke dalam ruangan juga bisa disiasati dengan pemanfaatan warna-warna terang di dinding ruangan rumah Anda. Jika di rumah terdapat beberapa ruang menyatu tanpa partisi, seperti ruang keluarga dan ruang makan, sebaiknya ciptakan keselarasan pada warna dinding yang digunakan. Sehingga rumah mungil Anda terkesan lebih besar dan luas.

Pemilihan warna-warna krem dan putih pada dinding bisa menjadi pilihan ideal. Anda juga bisa memainkan warna-warna cerah lainnya pada dinding interior rumah, jika perlu. Tapi pastikan warna-warnanya selaras dengan pemilihan warna furniture yang digunakan. Dengan kata lain, jangan sampai semua warna yang digunakan saling bertabrakan dan berkumpul satu sama lain, sehingga terkesan berlebihan.

4. Pemakaian Cermin

Anda juga bisa menggunakan cermin untuk menata ruang minimalis di rumah Anda. Caranya dengan menempatkan cermin berukuran besar di salah satu ruangan. Letakkan pada dinding berukuran panjang, bisa juga dengan menempatkannya di belakang salah satu furniture. Pemanfaatan cermin ini bisa mengkreasikan ilusi, seakan-akan Anda mempunyai ruangan yang baru sehingga bisa memberi tampilan lebih luas pada rumah mungil Anda. Tak hanya itu saja, penggunaan cermin ini juga dapat memperluas sudut pandang.

Itulah faktor-faktor penting yang harus Anda siasati dalam penerapan desain interior ruangan minimalis type 36. Selain itu, kami juga akan memberikan inspirasi interior desain pada rumah minimalis tanpa harus menguras kantong Anda di bawah ini!

Ide Desain Interior Hunian Mungil Sederhana


Setiap orang tentu memiliki mimpi untuk mempunyai rumah sendiri. Jika Anda berhasil mempunyai properti sendiri, tak peduli seberapapun ukuran luasnya tentu Anda tetap merasa bangga memiliki rumah hasil jerih payah sendiri. Namun mempunyai rumah pribadi bisa dikatakan hanya awal sebuah perjuangan demi kenyamanan dalam hidup. Sebab masih ada beberapa hal yang harus dipikirkan, seperti urusan desain interior, dan dekorasi yang harus Anda selesaikan untuk membuatnya menjadi hunian idaman dengan pemilihan interior desain yang sesuai budget.

Dengan alasan di atas, kami akan mengajak Anda untuk mengintip ide-ide interior rumah sederhana type 36 di bawah ini, sehingga bisa Anda coba untuk mendapatkan rumah yang nyaman, cantik, dan elegan. Desain interior ini juga bisa diterapkan pada tipe rumah lainnya!

1. Interior Rumah Bernuansa Pop Retro

Gaya retro bisa Anda terapkan pada interior desain rumah mungil, dengan pemilihan warna cerah sehingga bisa memberikan kesan hangat sekaligus membawa mood baik untuk para penghuni maupun pemilik rumah. Pilihan warna-warna bergaya pop santai pada dinding interior hunian ini memakai konsep liris yang berwarna-warni.

Anda bisa menempatkan rak dinding minimalis sebagai tempat untuk menyimpan pernak pernik, lalu dipadukan dengan sofa berukuran panjang, dan meja unik yang beralas karpet bermotif lucu, sehingga interior desain rumah kecil Anda terlihat lebih hidup tanpa perlu menguras kantong.

Anda juga bisa menempatkan sebuah furniture yang mendukung aktivitas bekerja Anda dan terlihat di bagian ujung koridor lewat nuansa warna senada untuk keseluruhan desain ruangan rumah minimalis sederhana yang dibuat apik.

2. Interior Hunian Mungil Modern Eklektis

Interior desain rumah mungil ini menerapkan konsep modern dan sangat cocok bagi Anda yang tinggal diperkotaan dengan gaya hidup yang serba efisien dan praktis. Pada ruang tamu bagian depan diterapkan lantai keramik seadanya dengan set sofa menarik dan nyaman, membuatnya terlihat menawan.

Sementara interior pada ruang tengah rumah ini terdapat ruang dapur yang merangkap ruang makan berlantai kayu sederhana. Dengan furniture kitchen set simpel, interior desain rumah mungil pun terlihat bersih, nyaman, dan lebih hidup. Tentu saja karena minim furniture dan dekorasi yang ribet, Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya baik untuk membelinya maupun untuk perawatannya.

3. Interior Hunian Bernuansa Alami Pedesaan

Desain ruangan rumah minimalis sederhana yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang merindukan nuansa kenyamanan rumah-rumah di pedesaan. Belum lagi desain interior yang ditampilkan menawarkan nuansa serba nyaman. Interior desain rumah ini mengambil nuansa bertema alami didominasi oleh furniture kayu yang terletak di tempat strategis ditambah dengan flooring kayu. Dikarenakan ruangan rumah yang tak terlalu luas, desain interior rumah ini menyatu dengan memakai jeda antar perabotan yang nyaman serta bernuansa lembut.

Anda juga bisa menambahkan pernak-pernik hiasan yang membuatnya terlihat mewah, seperti pemakaian cushion dan bantal sofa sebagai pemanis.

4. Interior Hunian Mungil Klasik Bergaya Vintage

Jangan hanya terpaku dengan konsep interior minimalis, karena dengan perhitungan anggaran yang tepat, Anda juga dapat menciptakan desain interior bergaya vintage klasik pada rumah mungil yang manis. Desain interior rumah ini terkesan mewah dengan pemilihan wallpaper bernuansa ramai, dilengkapi sofa  dengan dua dudukan yang berwarna lembut, ditambah penempatan meja tamu unik yang beralas karpet motif monokrom.

Selain itu, dipajang dua buah cermin ditempatkan pada dinding sebagai hiasan dinding satu-satunya sekaligus pelengkap interior desain hunian mungil ini. Bila kita telaah lebih jauh, pemakaian furniture lain dalam dekorasi interior rumah minimalis sederhana juga tak terlalu spesifik serta dapat diatur sesuai kebutuhan budget yang telah dipersiapkan.

5. Interior Hunian Mungil Original

Dalam interior desain rumah mungil yang satu ini tak memerlukan banyak polesan, namun kesan originalitasnya semakin memberikan kenyamanan dan lebih banyak gaya. Dengan penggunaan dinding bata terbuka, memberikan kesan rustic dikombinasikan furniture bergaya modern yang berwarna-warni. Sementara pada bagian dinding yang satunya lagi dipadukan jendela yang telah dihiasi oleh gorden dan tirai, dibuat terbuka dengan pemakaian teralis besi.

Desain interior pada rumah mungil ini dibuat lapang dan terbuka sebab nuansa alamnya masih begitu lekat pada kedua sisinya. Anda juga bisa memakai furniture bergaya rustic atau alami jika tak ingin menerapkan furniture modern seperti yang terlihat pada desain interior rumah ini. Apapun furniture yang Anda pilih sesuaikan dengan budget, sehingga Anda bisa menciptakan desain interior yang serupa dengan interior desain pada rumah ini.

6. Interior Desain Modern Minimalis Sederhana

Konsep desain interior pada rumah ini difokuskan lewat dominasi furniture berwarna putih dan kayu yang terdapat dalam panel furniture, seperti pintu dan jendela. Selain itu juga disisipkan warna hitam yang terlihat jelas dengan menempatkan karpet kecil dan bebatuan. Menyisipkan warna hitam juga cukup cerdas dengan memilih pola polkadot klasik atau berbentuk lingkaran.

Dekorasi dinding rumah yang terlihat pun hanya dilihat dari frame yang tersusun dengan baik ditambah hiasan lampu gantung, sehingga semakin mempercantik tampilan interior rumah mungil Anda.

7. Konsep Interior Ruang Keluarga Komplit

Konsep tata ruang rumah kecil menarik yang satu ini dengan menciptakan ruang keluarga untuk bersantai sekaligus tempat untuk bekerja, sehingga lebih menghemat biaya dan ruangan. Kita bisa lihat pemakaian rak dinding yang ditempel pada dinding sebagai tempat penyimpanan multifungsi dan praktis tanpa memakan banyak tempat.

Belum lagi lewat penataan cahaya lampu back light yang membuat rak terbuka, sehingga kesan mewah pada ruangan ini terlihat jelas. Pemilihan sofa sendiri, hanya berupa sofa set besar tanpa dilengkapi sofa lainnya untuk lebih menghemat anggaran. Disisipkan pula meja kerja di ujung ruangan lewat sistem pencahayaan alami yang berasal dari jendela yang berukuran sedang. Penempatan karpet bulu sebagai dekor terakhir semakin mempermanis tampilan interior rumah secara keseluruhan.

8. Konsep Pemakaian Cermin Sebagai Ilusi Ruangan Lebih Luas

Anda juga bisa menyiasati Interior rumah dengan meletakkan banyak cermin yang berukuran besar, agar memberikan kesan lapang dan luas pada ruangan. Selain itu, Anda juga tak perlu terpaku untuk memilih perabotan senada seperti halnya pada pemilihan sofa. Memainkan jenis dan warna sofa dapat menekan pengeluaran lebih banyak.

Selain itu, tambahkan pula dekorasi dinding berupa frame-frame cantik yang terkesan elegan serta membuat momen-momen yang tersaji pada foto tersebut tak pernah dilupakan. Ini tentu menjadi pilihan dekorasi brilian tanpa harus menguras kocek lebih dalam.

Itulah konsep-konsep pemilihan desain ruangan dalam rumah minimalis yang bisa ditiru ke dalam rumah kesayangan Anda. Dengan pemilihan konsep desain yang tepat, membuat hunian lebih nyaman, elegan, dan mewah tanpa harus menghabiskan banyak anggaran.

0 Response to "Tips dan Ide Desain Interior Rumah Mungil Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel