Tips Merawat Bagian Kayu pada Rumah

Bagi anda yang berpikir untuk menggunakan desain rumah villa kayu mungkin juga akan berpikir ulang mengenai ketahanan kayu di rumah anda. Sebenarnya anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini karena kayu yang dirawat dengan baik tentu akan lebih awet sebagai bagian dari rumah. Lalu bagaimana cara merawat kayu tersebut? Berikut ulasannya.

Jaga sekitar rumah bersih


Ketika anda memiliki rumah yang terbuat dari bahan kayu maka tantangan terbesar yang dimiliki oleh rumah anda adalah adanya rayap. Rayap merupakan musuh yang akan membuat kayu di rumah anda menjadi gapuk sehingga mudah rapuh. Untuk menghindarinya salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan menjaga sekitar rumah anda bersih dan bebas dari kayu yang membusuk. Terutama pada bagian-bagian jendela dan juga rumah bagian bawah anda. Jika anda memiliki desain rumah panggung sederhana dengan lantai kayu maka pastikan bagian sekitar rumah anda benar-benar bersih. Karena rayap biasanya akan menggunakan menggunakan kotoran dan juga kayu busuk sebagai jalan masuk ke rumah anda.

Pastikan rumah anda mendapatkan aliran udara segar


Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Rumah yang lembab akan mengundang datangnya rayap. Oleh karena itu pastikan rumah anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain mengundang rayap, sirkulasi udara buruk dapat menyebabkan rumah menjadi sangat lembab dan memungkinkan timbulnya jamur.

Bersihkan selokan rumah anda


Selokan rumah adalah hal yang penting dalam menjaga aliran air kotor dari rumah anda. Akan tetapi keberadaannya akan membahayakan bagi model rumah kayu cantik anda jika tidak dibersihkan secara reguler.

Selokan air yang mampet karena kotor dan tidak dibersihkan juga merupakan salah satu tempat favorit yang disukai oleh rayap. Oleh karena itu pastikan selokan anda bebas dari kotoran baik itu kotoran organik maupun anorganik yang menyebabkan rayap makin mudah masuk ke rumah anda.

Perhatikan fondasi rumah anda


Setiap rumah dibangun di atas pondasi. Fondasi yang kuat akan menjaga rumah tetap kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu pastikan bahwa kondisi pondasi rumah anda kuat dan bebas dari keretakan. Jika anda keretakan pada pondasi rumah anda, maka sesegera mungkin anda harus menutupnya.
Mengapa?
Hal ini disebabkan karena pondasi yang retak akan menjadi jalan masuk bagi rayap sehingga lebih mudah menyerang komponen-komponen kayu yang ada di rumah anda. Oleh karena itu lakukan pengecekan secara berkala dan pastikan untuk segera menutup lubang atau retakan yang terjadi di pondasi rumah anda.

Berikan pelapisan untuk melindungi komponen kayu di rumah anda


Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap rumah kayu anda adalah dengan memberikan perlindungan sejak awal komponen kayu di pasang. Hal ini merupakan hal yang umum dan wajib dilakukan oleh mereka yang menawarkan jasa pembuatan rumah kayu bagi anda. Oleh karena itu untuk anda yang ingin membuat sebuah rumah kayu pastikan anda hanya menggunakan jasa pembuatan rumah kayu yang profesional sehingga mereka dapat melakukan pencegahan sejak awal pemasangan komponen kayu di rumah anda.

Melihat dari step-step di atas pembangunan rumah dengan komponen kayu tentu tidak begitu menakutkan lagi bukan? Apalagi jika anda menggunakan jasa kami untuk dalam pembuatan rumah sederhana dari kayu yang anda miliki. Kami jamin hasilnya akan memuaskan dan tentunya rumah menjadi lebih tahan lama.
villa rumah kayu
pinterest.com

0 Response to "Tips Merawat Bagian Kayu pada Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel