Tips Dalam Membangun Rumah Kayu Yang Bagus

rumah kayu tradisional

Model rumah papan modern kini sedang digemari oleh banyak orang, sebab rumah seperti begitu banyak digemari karena modelnya yang simpel serta tidak memakan banyak biaya. Bahkan kesan alaminya akan sangat membuat nyaman, walaupun hanya membangun rumah kayu namun bukan berarti Anda membuatnya seadanya saja sehingga akan terlihat biasa saja.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar rumah yang dibangun tidak hanya bagus namun juga nyaman untuk ditinggali, hal ini dikarenakan rumah sejatinya digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga harus dibuat senyaman mungkin agar dapat bertahan lama nyamannya. Sebab rumah tidak hanya akan Anda tinggali saja namun juga anak-anak Anda kelak, apalagi memilih model rumah kayu merupakan pilihan yang tepat apabila Anda tinggal di kawasan pegunungan.

1. Membuat data mengenai tanah dan daftar denah rumah


Untuk mempermudah proses pembangunan maka ada baiknya jika Anda membuat data mengenai tanah yang akan dibangun rumah tersebut, mengingat setiap tanah memiliki sifat tersendiri apalagi tanah di pegunungan. Sebab bisa jadi tanah tersebut tidak cocok untuk dibangun rumah, setelah itu ada baiknya jika Anda membuat daftar denah rumah dimana ruangan apa saja yang akan dibangun pada rumah tersebut.

Apabila Anda tidak mengerti hal ini maka dapat menyerahkan daftar tersebut kepada orang yang akan membangun rumah tersebut atau yang akan mendesain rumah tersebut. Jadi nantinya rumah papan minimalis modern milik Anda tidak akan terlihat biasa saja.

2. Membuat sketsa gambar rumah


Setelah membuat daftar denah rumah maka Anda bisa membuat sketsa rumah atau meminta bantuan kepada arsitek, sebab dengan adanya sketsa gambar rumah maka Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai rumah tersebut. Serta Anda bisa menambahkan ruangan apa yang menjadi kebutuhan Anda, selain itu rumah Anda juga lebih teratur. Sebab tanpa adanya denah maka rumah tidak akan teratur ketika proses pembuatannya nanti, sehingga akan mengurangi tingkat kenyamanannya ketika ditinggali.

Dengan membuat sketsa gambar terlebih dahulu maka Anda bisa mengatur posisi ruangan dimana hal ini juga disesuaikan dengan bentuk tanah mengingat tidak semua tanah yang dibeli berbentuk persegi.

3. Melihat kualitas kayu


Setiap kayu memiliki kualitas yang berbeda, hal ini bergantung pada jenis kayunya. Karena dibangun untuk rumah ada baiknya jika Anda memilih kayu yang berkualitas bagus, mengingat nantinya kayu harus tahan dengan air dan cuaca panas sehingga rumah dapat bertahan lama.

Oleh sebab itu pilihlah kayu yang berkualitas bagus serta tidak mudah lapuk yang dapat mengurangi kekuatan dari rumah tersebut. Jika Anda bingung harus memilih kayu yang seperti apa maka ada baiknya bertanya kepada orang yang ahli di bidang ini. ada juga bisa membaca website yang membahas tentang kayu disini.

4. Menghitung rencana anggaran biaya bangunan (RAB)


Agar Anda mengetahui berapa dana yang harus dipersiapkan untuk membangun rumah ini maka ada baiknya menghitung rencana anggaran biaya bangunan atau RAB, dengan adanya rencana ini maka keuangan Anda lebih terstruktur serta akan menghindari pemborosan maupun biaya yang tidak diperlukan.

Dengan adanya rencana ini akan sangat membantu Anda di bagian keuangan ketika membangun rumah, sebab apapun jenis dan bahan rumahnya maka akan dibutuhkan anggaran yang besar. Jadi jangan sampai melewatkan rancangan biaya pembuatan rumah kayu sederhana ini apabila ingin mendapatkan rumah kayu bagus namun tidak mengeluarkan banyak uang nanti.

0 Response to "Tips Dalam Membangun Rumah Kayu Yang Bagus "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel