Tips Penataan Ruangan Rumah Sederhana Agar Lebih Nyaman

penataan ruangan rumah sederhana
pinterest.com

Dalam rumah sederhana, hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam interior desain rumah ialah penataan ruangan rumah sederhana itu sendiri. Sebenarnya dalam menata ruangan itu sendiri, Anda tak memerlukan bantuan arsitektur atau ahlinya, yang mana memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan, Anda dapat melakukannya tanpa bantuan dari orang lain. Untuk pemilik rumah minimalis yang lahannya terbatas, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang dalam rumah minimalis agar tampilan interior pada rumah lebih indah dan cantik.

Penataan interior rumah yang rapi dan ideal, tentu saja memberikan dampak sangat baik untuk kenyamanan pemilik rumah. Inilah alasan mengapa kita harus lebih pandai menyiasati tatanan dalam interior rumah serapi mungkin.

Tata Ruang Rumah Mungil Minimalis


Anda dapat mengeluarkan inspirasi dengan cara membayangkan hunian minimalis Anda supaya terlihat lebih luas. Anda bisa memulai melakukan perubahan pada tiap ruangan, khususnya pada ruang makan dan ruang tamu. Anda harus menanamkan konsep ruangan yang rapi tapi ringkas supaya tata ruang rumah kecil terlihat lebih maksimal.

Memilih perabotan dan furniture sebaiknya disesuaikan berdasarkan fungsinya, dan hindari pemakaian terlalu banyak furniture di dalam hunian Anda sebab hanya mempersempit ruangan di dalam rumah. Alangkah baiknya Anda memilih partisi rumah yang menawarkan multifungsi, yaitu pada bagian belakang dan depan partisi/sekat rumah dapat digunakan untuk menyimpan sesuatu.

Misalnya, sekat atau partisi yang menghadap ke arah ruang tamu dapat digunakan untuk menempatkan foto keluarga, sementara di bagian belakangnya dapat digunakan untuk menempatkan televisi. Dengan begitu Anda tak memerlukan meja lagi sebagai tempat untuk meletakan televisi.

Penataan Ruang Rumah Minimalis dan Modern


Sebaiknya minimalkan pemakaian furniture pada rumah minimalis, hal ini penting untuk menampilkan kesan leluasa pada tiap ruangan. Selain itu, alangkah baiknya untuk menambahkan unsur material kayu pada bagian pintu, lemari ataupun rak supaya kesan pada rumah minimalis semakin melekat. Dalam tata ruang hunian minimalis modern, hal yang juga penting diperhatikan ialah ventilasi udara dan jendela. Adanya ventilasi udara ini penting sekali untuk tetap menjaga agar sirkulasi udara tetap mengalir baik. Sementara jendela dapat berfungsi untuk mempermudah masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Hal ini penting untuk tetap menjaga kelembaban di dalam rumah, terutama saat musim hujan tiba.

Karena jika pencahayaan di dalam rumah kurang, maka rumah akan terasa lembab sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur di dalam dinding rumah, sehingga dapat mengurangi estetika dalam sebuah rumah. Selain itu, tentu saja bisa mengganggu kesehatan para penghuni rumah di dalamnya.

Pada ruang tamu sendiri, Anda tak perlu menempatkan furniture apapun terkecuali sofa berikut meja tamunya. Sementara untuk ruang dapur sendiri, Anda dapat menempatkan kitchen set untuk membuat peralatan-peralatan dapur tidak berantakan. Selain itu, pilih model kitchen set yang dapat menampung semua perlengkapan makan dan dapur.

Di samping dapur, Anda juga harus menata kamar tidur sedemikian rupa, pastikan ukuran tempat tidur harus menyesuaikan ukuran kamar. Selain itu, hindari pemakaian lemari berukuran besar untuk meminimalisir kesan ruangan yang terlihat sempit.

Agar ruangan di dalam rumah terlihat luas, pastikan untuk mengurangi pembatas atau sekat di dalam ruangan. Memang sah-sah saja bila memakai pembatas atau sekat di dalam rumah. Akan tetapi, pemakaian pembatas atau sekat antar ruangan justru bisa mempersempit ruangan di dalam rumah. Maka dari itu, dengan mengurangi jumlah sekat di dalam ruangan rumah merupakan cara paling jitu membuat rumah terlihat lebih leluasa. Tips-tips penataan interior rumah di atas sangat penting bagi interior rumah sangat sederhana.

0 Response to "Tips Penataan Ruangan Rumah Sederhana Agar Lebih Nyaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel