Tips Untuk Mengecat Permukaan Dinding Kayu

Ketika anda akan melakukan pengecatan untuk model rumah kayu ulin yang anda miliki, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

cat dinding rumah kayu

Area mana yang perlu dicat


Ketika anda akan melakukan pengecatan dinding kayu hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah area mana yang ingin anda cat. Hal ini merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengetahui jenis cat apa yang cocok untuk digunakan. Saat ini ada banyak jenis cat dinding kayu yang ada dengan fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan cat rumah kayu anda.

Misalnya untuk cat kamar mandi, cat yang memiliki perlindungan terhadap air merupakan cat yang paling baik untuk digunakan. Sedangkan untuk bagian langit-langit, cat dengan warna dop merupakan jenis cat yang paling cocok. Selain memperhatikan fungsinya pilih juga cat berdasarkan kebutuhan dan suasana yang ingin anda bentuk di ruangan.

Apakah permukaan kayu membutuhkan cat dasar?


Setiap permukaan kayu harus diberikan cat dasar layaknya ketika melakukan pengecatan pada dinding tembok. Hal ini merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk memastikan kondisi kayu akan bertahan dalam waktu lama. Salah satu contoh penggunaan cat dasar adalah pada kayu-kayu yang memiliki lubang. Lubang-lubang tersebut harus ditutup dengan alasan untuk mencegah resin keluar dari kayu tersebut.

Selain digunakan untuk tujuan tersebut, memberikan cat dasar pada rumah panggung sunda modern yang anda buat juga memiliki fungsi yang penting yaitu untuk mencegah penyerapan cat ke dalam kayu. Penyerapan cat ke dalam kayu dapat menyebabkan hasil pengecatan menjadi tidak rata naik dari segi warna maupun dari segi glossy nya.

Tipe cat yang digunakan 


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Saat ini ada banyak jenis cat yang bisa anda gunakan untuk mengecat rumah kayu anda. Diantaranya adalah cat yang terbuat dari air atau dari solvent. Lalu bagaimana cara memilihnya.

Masing-masing jenis cat ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri seperti cat yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar solvent tentu memiliki finishing yang lebih glossy dari pada cat dengan bahan dasar air.

Anda bisa memilihnya berdasarkan hasil akhir dari cat atau dari hal-hal lainnya seperti budget yang masuk anggaran biaya membuat rumah kayu atau dengan memperhatikan warna yang cocok yang anda di toko bangunan yang anda kunjungi.

Ingin menggunakan cat glossy?


Jika anda ingin menggunakan cat yang glossy, tentu anda juga perlu memperhatikan jenis-jenis glossy dari cat-cat yang anda. Saat ini anda bisa menemukan berbagai level glossy dari cat kayu sehingga dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Untuk menentukan mana permukaan yang harus memiliki gloss sempurna atau memiliki tampilan yang sedikit matte, anda bisa mengkonsultasikannya pada agen atau jasa yang membantu anda membangun rumah kayu anda.

Tips pada saat pengecatan


Jika anda ingin melakukan pengecatan rumah dengan tenaga sendiri berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ketahui.
  • Rencanakan dengan baik bagian mana yang harus di cat terlebih dahulu dan bagian mana yang harus di cat belakangan.
  • Perhatikan Kondisi pengecatan. Pastikan suhu sekitar kayu dan sekitar cat minimal 50 C. Hal ini penting untuk membuat cat lebih cepat kering. 
  • Gunakan peralatan untuk perlindungan
  • Lakukan pengecatan dasar
  • Gunakan bahan yang berkualitas
  • Gunakan penutup berupa lakban untuk area yang tidak dicat
  • Mulai mengecat bagian dalam rumah dari langit-langit. 

0 Response to "Tips Untuk Mengecat Permukaan Dinding Kayu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel