5 Cara Mudah Mengatur Desain Interior Apartemen Modern Minimalis

Desain Interior Apartemen Modern Minimalis

Desain Interior Apartemen
Source: Pinterest.com
Pada artikel kali ini, kita akan membicarakan tentang desain interior apartemen modern minimalis. Sebagaimana yang telah kita tahu, kehidupan di perkotaan pada era modern identik dengan kesibukan, waktu tempuh yang lama dari rumah ke tempat kerja, kemacetan, hingga menghadirkan kehidupan yang tidak sehat karena terlalu lama harus berada dalam kemacetan di jalan.

Semakin bertambahnya jumlah penduduk di perkotaan membuat kebutuhan terhadap tempat tinggal terus bertambah. Sebagian besar masyarakat perkotaan menginginkan lokasi tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja. Akibatnya, harga rumah atau lahan di sekitar lokasi perkantoran menjadi sangat mahal.

Salah satu solusi logis adalah pembangunan apartemen di lokasi strategis. Ukuran apartemen yang minimalis dan pembangunan ke arah vertikal bukan menjadi penghalang bagi penghuninya yang memiliki mobilitas tinggi. Keterbatasan luas ruang bukan halangan menjadikannya tempat tinggal yang nyaman. Dengan sedikit pengetahuan tentang bagaimana menata ruangan rumah memungkinkan fungsi ruang apartemen bisa lebih maksimal.

Apartemen Dan Kehidupan Modern


Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sangat diperlukan untuk menunjang kehidupannya, selain pangan dan sandang. Kebutuhan pokok mutlak harus dipenuhi, sebab berhubungan langsung dengan kelangsungan hidup. Tanpa makan dan minum, manusia tidak bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik. Tidak mendapatkan makanan dan minuman dalam kurun waktu tertentu dapat menyebabkan berbagai penyakit, hingga kematian.

Sandang berfungsi untuk melindungi tubuh dari udara panas maupun dingin. Pakaian juga berfungsi sebagai sarana mengikuti peraturan umum dan kesopanan. Tanpa pakaian, suhu tubuh dapat berubah ekstrem dan mengundang hadirnya berbagai penyakit. Pakaian yang tidak tepat dapat membuat orang yang mengenakan mendapatkan predikat buruk karena tidak mengikuti aturan dan kesopanan.

Tempat tinggal berfungsi sebagai tempat berlindung dari hujan maupun panas, tempat berkumpul dengan keluarga, dan berbagai aktivitas lainnya. Tempat tinggal dapat menunjukkan kemampuan finansial seseorang, sebab harga tempat umumnya jauh lebih tinggi daripada pangan dan sandang.

Semakin banyaknya jumlah penduduk di suatu tempat, sementara luas lahan tidak mengalami perubahan menyebabkan manusia saat ini harus lebih efisien dalam menggunakan lahan. Hal ini terjadi lebih parah di perkotaan, dimana lahan yang tersedia sangat terbatas. Sebagian lahan di perkotaan difungsikan untuk perkantoran, pusat perbelanjaan, dan wilayah publik lainnya. Hal ini semakin membatasi lahan untuk pembangunan tempat tinggal.

Salah satu penyelesaian untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal adalah dengan pembangunan apartemen. Apartemen memungkinkan lebih banyak orang dapat tinggal di suatu lahan, sebab tempat tinggal dibuat bertumpuk. Umumnya apartemen memiliki nilai lebih berupa fasilitas yang diperlukan penghuni. Sebagai contoh, ada pengusaha apartemen yang memberikan fasilitas berupa tempat belanja, sarana olahraga, taman, dan tempat parkir khusus yang memadai.

Keterbatasan luas apartemen menyebabkan ruang yang tersedia minim. Umumnya apartemen terdiri dari kamar tidur, ruang tamu, dilengkapi dengan dapur dan kamar mandi mungil. Sebagian apartemen menyediakan balkon yang dapat difungsikan sebagai tempat bersantai dan tempat menjemur. Namun ada pula yang tidak.

Ruang dalam apartemen perlu diatur dengan baik agar dapat berfungsi maksimal. Salah satu sarana agar ruang lebih efisien adalah dengan membuat desain interior apartemen sebelum mengaturnya.

Berbagai Tipe Apartemen


Ada berbagai tipe apartemen yang biasa dibuat oleh pengembang di berbagai negara. Berikut sebagian di antara tipe apartemen yang umum ditemukan di perkotaan:

1. Tipe Studio
apartemen tipe studio

Apartemen tipe ini memiliki luas sekitar 20-30 meter persegi. Tipe apartemen ini mirip dengan pembagian ruang pada kamar hotel tipe standar, dimana sekat ruang hanya dibuat untuk kamar mandi. Selebihnya berupa ruang terbuka yang dapat difungsikan sebagai kamar tidur sekaligus dapur, ruang kerja, dan fungsi lain yang dibutuhkan. Jenis apartemen ini cocok bagi orang yang masih single, pelajar, atau mahasiswa.

2. Tipe Junior
apartemen tipe junior

Tipe junior masih dapat dibagi lagi menjadi berbagai kategori, namun ukuran apartemen tidak jauh berbeda dengan tipe studio. Pembeda dari tipe studio adalah ada sekat pada kamar tidur. Siasati keterbatasan ruang dengan mebeler minimalis dan penataan barang yang rapi. Tipe ini cocok bagi pasangan yang baru menikah dan belum memiliki anak.

3. Tipe 2 Kamar Tidur
apartemen 2 kamar
https://www.olympicresidence-sentul.com/

Tipe ini cocok untuk keluarga baru dengan jumlah anak satu atau dua. Ada dua kamar tidur dengan kamar mandi dalam dapat digunakan oleh orang tua dan anak, sehingga masing-masing masih dapat memiliki privasi. Ketersediaan ruang bersama dapat difungsikan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang makan dimana semua anggota keluarga dapat bertemu, berinteraksi, dan berkumpul.

4. Tipe Loft
apartemen type Loft

Tipe loft memiliki ukuran standar, namun langit-langit dibuat lebih tinggi, sehingga memungkinkan pemilik apartemen membuat tambahan setengah lantai di bagian atas. Biasanya lantai tambahan ini difungsikan sebagai tempat tidur, sementara lantai di bawahnya dapat difungsikan sebagai dapur atau untuk keperluan yang lain. Apartemen tipe ini dianggap lebih sehat, karena sirkulasi udara lebih baik. Selain itu, ruangan terasa lebih luas dan lega. Selain itu, pada dinding dapat dipasang cermin atau kaca, sehingga pencahayaan alami pada siang hari dapat dimaksimalkan. Untuk menutupi permukaan kaca atau cermin yang besar pada malam hari, gunakan gorden yang panjang. 

5. Tipe Classic
apartemen 3 kamar tidur

Apartemen tipe classic memiliki 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan besar, dan dapur yang terpisah. Ukuran secara keseluruhan lebih besar, sehingga penghuni dapat lebih leluasa melakukan penataan isi apartemen. Tipe ini biasanya dibuat di daerah yang populer di perkotaan. Jumlah kamar tidur yang banyak dapat mengakomodasi kebutuhan keluarga yang lebih besar pula. Tipe ini cocok untuk keluarga yang jumlahnya terus berkembang, atau memiliki beberapa anak yang berbeda jenis kelamin dan menghendaki masing-masing memiliki kamar.

Trik Agar Apartemen Nyaman Ditempati


Apartemen dibuat untuk mengatasi kebutuhan masyarakat atas tempat tinggal yang nyaman, dengan lahan perkotaan yang semakin terbatas. Sebagai sebuah gedung yang terdiri dari banyak lantai, umumnya apartemen dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan penghuninya. Pada apartemen kelas atas, kompleksnya mungkin memiliki fasilitas sangat lengkap, sehingga penghuninya hidup layaknya sebuah komunitas kota kecil.

Latar belakang berdirinya apartemen yang demikian membuat ukuran apartemen bukan lagi hal yang mengejutkan. Luas yang minim, dengan tidak dimungkinkan lagi pengembangan ke arah luar, membuat penghuni apartemen harus membuat ruangan internal mereka senyaman mungkin.

Umumnya, apartemen memiliki kelengkapan sebagaimana umumnya sebuah rumah, seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Sirkulasi udara umumnya mengandalkan sistem yang disediakan pengembang. Penghuni harus mengelola penataan ruang dengan baik, agar kegiatan dapat berlangsung dengan fasilitas yang ada. Desain interior apartemen berperan penting dalam pengelolaan ini.

Berikut ini beberapa tips agar apartemen nyaman ditempati.


1. Gunakan Mebeler Minimalis
furniture multi fungsi

Minimnya ukuran ruang menjadi tidak sesuai jika di dalamnya terisi dengan barang klasik yang ukurannya besar dan berkesan berat, kecuali jika tinggal di apartemen yang ukurannya luar biasa. Selain itu, mebeler yang berat juga menyulitkan jika ingin berganti suasana dengan penggantian susunan mebeler, terutama jika tinggal di apartemen tipe studio atau junior.

Ada berbagai gaya mebeler minimalis. Salah satu gaya yang sedang menjadi tren adalah gaya Korea, yang banyak menggunakan unsur kayu. Unsur kayu dipercaya dapat menghadirkan suasana hangat pada ruangan.

Inti dari pemakaian mebeler minimalis adalah mebeler multi fungsi yang tidak memakan banyak ruang. Diharapkan dengan mebeler jenis ini, fungsi ruang dapat dioptimalkan, tidak hanya sebagai tempat meletakkan barang. Maksimalkan lemari yang menyatu dengan dinding untuk menyimpan barang yang sedang tidak digunakan.

Sebagai aksen untuk memperindah, gunakan hiasan dinding yang menarik. Penggunaan rak yang ditempelkan pada dinding juga dapat membantu. Gunakan rak yang desainnya menarik, sehingga selain sebagai tempat penyimpanan benda juga dapat menjadi hiasan ruang.

Karpet dapat membantu menghadirkan suasana nyaman. Namun hindari karpet yang warnanya terlalu meriah bila mengganggu desain kamar keseluruhan.

2. Hindari Pembelian Barang Yang Tidak Dibutuhkan

Memiliki banyak barang, terutama yang berhubungan dengan kesenangan pribadi memang menyenangkan. Tetapi bila jumlah barang terlalu banyak, sementara ketersediaan tempat penyimpanan terbatas, dapat mengakibatkan ruang terasa sesak. Terlebih bila barang tidak diletakkan pada tempatnya setiap kali selesai digunakan.

Lakukan pembiasaan pembelian barang sesuai kebutuhan sehingga terhindar dari menumpuknya barang yang tidak begitu dipakai.

3. Barang Multi Fungsi

Saat ini sudah banyak mebeler yang didesain agar bersifat multifungsi. Sebagai contoh, tempat tidur nyaman yang memiliki laci penyimpanan di bagian kolongnya. Laci ini dapat digunakan untuk menyimpan pakaian atau benda lain. Ada pula kursi tunggal yang bagian bawahnya difungsikan sebagai tempat penyimpanan atau rak.

4. Kelola Sirkulasi Barang Dengan Baik

Sirkulasi barang yang dimaksud di sini adalah penggunaan barang dan mengembalikan ke tempatnya. Setiap barang yang telah selesai digunakan dan dibersihkan, harus langsung dikembalikan ke tempatnya. Hal ini dapat menghindarkan penumpukan barang di luar lemari penyimpanan yang dapat merusak kerapian apartemen.

Selain itu dapat pula diartikan sebagai kebiasaan menyingkirkan satu barang lama jika membeli satu barang baru. Kebiasaan ini bagi sebagian orang memang berat, tetapi merupakan kebiasaan yang sehat dan dapat menghindarkan dari penumpukan barang yang sudah tidak dipakai. Efisiensi ruang juga dapat lebih maksimal dengan jumlah barang yang tetap.

5. Cermin Ekstra Besar
cermin dinding

Saat ini telah banyak dibuat desain cermin ukuran besar yang menarik. Cermin ekstra besar biasanya ditempelkan pada dinding. Selain menjalankan fungsinya sebagai refleksi saat mematut diri, posisi ini memungkinkan cermin memberi kesan luas pada ruangan.

Cermin berukuran besar juga membantu meningkatkan pencahayaan, sehingga ruangan terasa lebih terang. Jika memungkinkan, pasang kaca pada dinding untuk menghadirkan pemandangan di luar apartemen, sekaligus memaksimalkan masuknya pencahayaan alami.

Cara Mudah Membuat Desain Modern Minimalis


Apartemen dibuat untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal di wilayah yang dekat dengan lokasi perkantoran atau tempat kerja lainnya. Agar apartemen tetap dapat dijadikan tempat yang nyaman untuk ditinggali dan menjadi tempat istirahat yang tepat dari kesibukan kerja, pemilik apartemen harus dapat membuat desain interior apartemen yang tepat.

Desain yang tepat adalah yang sesuai dengan selera penghuni apartemen dan kondisi apartemen yang disediakan oleh pengembang. Jadi, saat akan membeli apartemen, pastikan mengetahui dengan tepat ukuran dan pengaturannya. Ukuran yang tepat dapat memengaruhi hasil pembuatan desain interior.

Pemilik apartemen dapat membuat sendiri desain interior ruangannya, dapat pula menggunakan jasa pembuatan desain. Membuat desain sendiri artinya dapat membuat sesuai keinginan, dengan pilihan warna yang juga sesuai selera. Eksplorasi kemampuan pribadi dapat dimaksimalkan, sekaligus menghemat biaya. Jika pemilik apartemen memang memiliki kemampuan desain yang diperlukan, hal ini sangat membantu.

Sebaliknya, penggunaan jasa pembuatan desain dapat meringankan beban karena penyedia jasa umumnya telah berpengalaman dan memang memiliki keterampilan khusus dalam bidang tersebut. Keuntungan lainnya adalah penyedia jasa desain biasanya juga memiliki hubungan dengan penyedia mebeler, cat, dan pernik lain yang diperlukan untuk mewujudkan desainnya.
 
Pembuatan desain oleh tenaga profesional umumnya telah menggunakan aplikasi yang memang ditujukan untuk keperluan tersebut. Kemudahan ini dapat dipelajari dengan mudah, meskipun membutuhkan banyak latihan. Untuk mendapatkan ide, telah banyak tersedia situs penyedia contoh desain interior. Pemilik apartemen dapat menggali ide dari contoh itu, kemudian dimodifikasi agar sesuai dengan seleranya.

Desain modern minimalis berfokus pada upaya agar pemilik apartemen memiliki ruang gerak seluas mungkin dengan kondisi ruang yang ada. Desain jenis ini identik dengan penggunaan mebeler multi fungsi, minim sekat, dan interaksi antar bagian ruang yang mudah. Penggunaan warna umumnya dipilih yang monokrom atau tidak terlalu banyak variasi, terutama pada tipe apartemen studio yang ukurannya mungil.

Pastikan pula mebeler yang dipilih tidak memerlukan banyak perawatan, sebab orang yang tinggal di apartemen umumnya adalah orang dengan mobilitas tinggi, yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tempat tinggalnya.

Pemilihan warna yang tepat dapat menghadirkan kesan yang lebih luas pada apartemen. Umumnya, warna putih menghadirkan suasana yang bersih dan luas dalam apartemen. Namun warna abu-abu muda atau warna pastel juga dapat dipilih bagi penggemarnya. Gunakan mebeler dengan warna yang berbeda, namun tidak terlalu kontras dengan warna dinding untuk kesan yang lebih hangat.

Pengaturan mebeler multi fungsi dapat dimulai dari meja. Meja makan dapat dipilih yang bahannya aman untuk berbagai keperluan. Hal ini berguna saat harus bekerja di rumah dengan laptop atau secara manual, tetap dapat dilakukan di meja yang sama.

Contoh lain, telah tersedia dinding penyekat yang dapat dipasangi televisi di bagian tengahnya. Televisi ini dapat diputar ke arah sebaliknya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hiburan di dua area yang berbeda.

Modifikasi mebeler juga dapat dilakukan dengan membuat tempat tidur di atas area kerja. Tempat tidur seperti ini dapat dipesan secara khusus pada pengrajin mebeler dari bahan kayu atau logam. Area di bawah tempat tidur dapat difungsikan sebagai area kerja atau keperluan lain. Tempat tidur seperti ini dapat menjadi area pribadi yang nyaman, menghemat ruang, sekaligus unik. Lengkapi dengan perlengkapan tempat tidur yang sesuai selera sehingga benar-benar menjadi area penyegaran. 

Area dapur juga patut menjadi perhatian. Gunakan desain peralatan dapur minimalis dan multi fungsi. Sebagai contoh, meja dapur dapat pula difungsikan sebagai meja makan dan meja kerja. Tambahan rak dan lemari tempel pada dinding sangat membantu pengaturan peralatan memasak dan peralatan makan.

Desain interior apartemen membantu pemilik melakukan pengaturan ruang, sehingga ruang yang terbatas dapat memberikan kenyamanan dan ruang gerak bebas bagi penghuninya. Jika memiliki kemampuan desain dan ingin benar-benar mengatur ruang sesuai kebutuhan, buatlah desain yang sesuai selera dan temukan produk pengisi ruang yang sesuai. Namun bila kemampuan desain terbatas, gunakan jasa pembuat desain.

0 Response to "5 Cara Mudah Mengatur Desain Interior Apartemen Modern Minimalis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel