5 Rambu Dalam Desain Kitchen Set Minimalis Untuk Apartemen

Dapur mungil bukan berarti tidak produktif dan membuat pemiliknya enggan memanfaatkan. Dapur mungil tetap bisa berfungsi maksimal dengan melakukan desain kitchen set minimalis untuk apartemen yang luasnya terbatas. Apa saja tips untuk kitchen set minimalis yang kekinian? Ayo kita cari tahu.

Apartemen Kecil, Dapur Mungil


Lahan di perkotaan jumlahnya terbatas. Sementara, pertambahan jumlah penduduk terus berlangsung dari waktu ke waktu. Akibatnya, kebutuhan perumahan terus berjalan sementara lahan semakin berkurang. Solusi logis dari permasalahan ini adalah pembangunan perumahan hemat lahan, salah satunya berupa apartemen. Apartemen merupakan tempat tinggal yang memiliki bagian sebagaimana rumah pada umumnya, seperti ruang duduk, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Apartemen identik dengan bangunan yang besar, mewah, dan terletak di lokasi strategis. Tak jarang, apartemen dibangun di dekat perkantoran untuk memudahkan para pekerja kantor mencapai tempat kerjanya. Umumnya, apartemen dilengkapi dengan fasilitas untuk penghuninya, seperti pusat kebugaran, kolam renang, toko kebutuhan sehari-hari, dan fasilitas lain. Fasilitas apartemen ditujukan untuk kenyamanan penghuni sehingga meski harga apartemen relatif mahal dengan lahan terbatas, tetapi peminatnya tetap tinggi.

Keterbatasan luas ruang apartemen membuat penghuni harus pandai mengatur ruangan. Salah satu area kecil yang memiliki banyak peralatan adalah dapur. Agar dapur tetap rapi dan peralatan tersimpan dengan baik, biasanya dibuat kitchen set.

Kitchen set telah menjadi bagian penting dari dapur modern. Yang dimaksud dengan kitchen set adalah seperangkat lemari kabinet yang ditempatkan di dapur. Kabinet ini berfungsi sebagai sarana penyimpanan alat rumah tangga, dalam hal ini perlengkapan dapur. Keberadaan kabinet penyimpanan menghindarkan dari situasi berantakan karena semua peralatan dapur ditumpuk atau digantung.

Selain itu, penataan isi kabinet yang rapi membuat peralatan dapat ditemukan dengan mudah. Desain kitchen set minimalis untuk apartemen sangat diperlukan untuk efisiensi.

5 Rambu Desain Kitchen Set Minimalis Kekinian


Ada banyak desain kitchen set minimalis untuk apartemen berbagai tipe. Banyaknya pilihan bisa membuat pemilik apartemen semakin bingung, sehingga pada akhirnya salah memilih karena keterbatasan waktu. Agar tidak terjebak dalam kebingungan, berikut ini lima rambu yang dapat Anda ikuti.

  1. Luas Dapur, pada apartemen, umumnya luas area dapur sangat terbatas. Pilihan ukuran kitchen set harus sesuai dengan ukuran dapur. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke toko atau jasa pembuat kitchen set, pastikan mengetahui ukuran dapur dengan pasti. Img Source : Pinterest.com
    kitchen set untuk apartemen
  2. Model dan bahan kitchen set dapat memengaruhi hasil akhir yang didapatkan. Kitchen set yang terlalu banyak detail dan ornament membuat dapur terlihat penuh. Bahan kayu potongan atau logam dapat memberikan kesan rapi pada hasil akhir. Pintu dan kelengkapan kitchen set harus dapat berfungsi dengan baik.
    kitchen set mungil
  3. Ukuran, jika dapur tidak terlalu luas, hindari ukuran kitchen set yang terlalu besar agar luas ruangan tidak banyak tersita. Pilihan ukuran juga harus diikuti dengan efisiensi pemilihan peralatan memasak.
    kitchen set kecil
  4. Warna, untuk apartemen yang tidak terlalu luas, seperti tipe studio atau junior, pilih warna terang seperti putih atau kuning cerah. Warna seperti ini dapat memberi kesan bersih dan luas pada ruangan.
    kitchen set apartemen
  5. Sirkulasi udara dan kerja perlu dipertimbangkan dengan baik. Gunakan alat penyerap asap yang dapat berfungsi dengan baik, agar terhindar dari suasana pengap karena berkumpulnya asap di dalam apartemen. Perlu diingat, banyak apartemen yang tidak memiliki jendela yang dapat dibuka dengan alasan keamanan. Alat penghisap asap dapat sangat membantu menjaga udara dalam ruangan tetap bersih. Sirkulasi kerja di dapur yang meliputi penyimpanan, persiapan, cuci, memasak, dan membersihkan alat harus dapat diakomodir dengan luas ruang yang terbatas.
Tinggal di apartemen dapat memudahkan pekerja perkotaan mencapai tempat kerjanya. Luas apartemen yang terbatas dapat disiasati dengan pengaturan mebel, termasuk desain kitchen set minimalis untuk apartemen. Pengaturan ini dapat menjaga ruangan tetap terasa lega dan nyaman.
Punya ide kitchen set yang menarik? Ayo berbagi dengan kami dan pembaca yang lain melalui kolom komentar.

0 Response to "5 Rambu Dalam Desain Kitchen Set Minimalis Untuk Apartemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel