Tips Menata Interior Kamar Tidur Apartemen Kecil Biaya Murah

Apartemen dapat menjadi salah satu pilihan ketika harus tinggal di kota besar. Ciri khas apartemen adalah ukuran ruangan yang mungil. Dalam artikel ini, kita akan bahas tentang cara keren dan tips menata interior kamar tidur apartemen kecil. Yang kecil tidak harus menyedihkan, bukan? Yuk, cari tahu.

Tipe Apartemen Kecil


Ada berbagai tipe apartemen yang disediakan pengembang. Pada tipe tertentu, ukuran apartemen masih bisa dibilang luas, bahkan ada yang memiliki tiga kamar tidur. Namun dengan tujuan utama memenuhi kebutuhan tempat tinggal di area strategis dekat perkantoran, maka umumnya apartemen memiliki ukuran kecil. Berikut ini beberapa tipe apartemen yang ukurannya mini.


  1. Tipe Studio. Tipe studio umumnya memiliki desain mirip dengan kamar hotel. Luas keseluruhan berkisar antara 20-25 meter persegi. Dengan luasan sedemikian, umumnya apartemen tipe studio hanya memiliki sekat untuk kamar mandi saja. Bagian kamar tidur, dapur, dan ruang serbaguna dibuat tanpa sekat. Tipe ini cocok untuk penghuni yang masih belum menikah, mahasiswa, atau pelajar yang ingin tinggal sendiri.
    apartemen kecil tipe studio
    Img Source : Pinterest.com
  2. Tipe Junior. Tipe junior hanya sedikit lebih besar daripada tipe studio. Apartemen tipe junior sudah memiliki penyekat untuk kamar tidur, sehingga terpisah dari dapur dan ruang serbaguna. Tipe ini cocok untuk keluarga muda yang masih belum memiliki anak.
    apartement kecil tipe junior
  3. Tipe lain seperti tipe dua kamar tidur masih dapat dikategorikan sebagai apartemen yang ukurannya mini. Ukuran tipe ini mirip dengan rumah tipe 36, dimana terdapat dua kamar tidur dengan kamar mandi dalam atau luar. Tipe ini cocok untuk keluarga yang baru memiliki satu atau dua anak dengan jenis kelamin sama.
    apartement 2 kamar tidur

Apartemen yang berukuran mini memerlukan siasat agar nyaman ditempati, oleh karena itu yuk baca tips menata interior kamar tidur apartemen kecil berikut ini.

Yang Kecil Tetap Bisa Asyik


Apartemen kecil identik dengan ruangan yang terbatas, namun penghuninya tetap memerlukan ruang gerak yang nyaman. Untuk menyiasati keperluan ini, ikuti tips menata interior kamar tidur apartemen kecil dengan pembiayaan rendah berikut ini.

1. Gunakan Mebel Minimalis


Mebel minimalis adalah jenis perabot rumah tangga yang tidak terlalu banyak detil, tidak memakan tempat, dan tidak memberi kesan berat pada ruangan. Saat ini telah banyak dibuat desain mebel minimalis dan modern yang cocok untuk digunakan di apartemen. Pastikan mengukur apartemen dengan pasti, sehingga tidak salah memilih ukuran mebel. Cara lain yang bisa digunakan adalah menggunakan mebel yang ditawarkan oleh pengembang. Mebel jenis ini memang dibuat sesuai ukuran desain ruangan, sehingga penghuni tidak perlu tambahan tenaga dan waktu untuk mengurus pengadaan mebel.

2. Serbaguna


Usahakan menggunakan mebel yang serbaguna. Sebagai contoh, gunakan meja yang dapat digunakan untuk menyiapkan masakan, makan, hingga bekerja dengan laptop. Jadi atur pencahayaan yang baik di atas meja makan. Gunakan kursi yang nyaman, sehingga ketika digunakan untuk lembur pekerjaan tidak membuat penghuni mudah lelah. Ada pula desain kolong tempat tidur yang dapat digunakan pula sebagai tempat penyimpanan karena memiliki laci besar.

3. Hindari Terlalu Banyak Sekat


Terlalu banyak sekat memberi kesan apartemen bertambah sempit. Hindari penggunaan terlalu banyak sekat. Jikapun perlu sekat, pastikan sekat dapat berfungsi ganda. Misalnya sekat antara kamar tidur dengan dapur, diberi sekat berlobang yang dapat ditempeli televisi. Telah banyak pilihan sekat yang dapat digunakan memutar layar televise ke kedua arah.

4. Pewarnaan Ruangan


Pemilihan warna putih atau warna terang lainnya dapat memberikan kesan terang, bersih, dan cerah pada apartemen. Akibatnya apartemen dapat terasa lebih luas.

5. DIY


Agar biaya tidak membengkak karena pembelian mebel, buat DIY untuk memberikan penampilan baru pada mebel yang sudah ada. Sebagai contoh, meja lama dilapisi cat baru, kemudian diberikan motif polkadot dengan sistem pengecatan manual.

Memberikan penampilan yang menarik pada apartemen kecil tidak berarti identik dengan biaya besar. Ikuti tips menata interior kamar tidur apartemen kecil di atas dan dapatkan ruang yang menyenangkan bagi kesibukan harian Anda. Punya tips lain yang tidak kalah menarik, yuk berbagi dengan kami melalui komentar di bawah artikel ini.

0 Response to "Tips Menata Interior Kamar Tidur Apartemen Kecil Biaya Murah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel