Cara Mudah Membuat Perkiraan Biaya Renovasi Apartemen

Biaya Renovasi Apartemen
Img Source : Pinterest.com
Setiap bangunan memiliki umur penggunaan. Demikian pula dengan apartemen. Mahalnya biaya pembelian apartemen membuat pemilik berpikir kembali ketika hendak melepasnya, kecuali memang sudah saatnya. Oleh karena itu, ketika apartemen memerlukan perawatan dan renovasi, pemilik harus memperjuangkan, agar apartemen tetap nyaman ditempati. Untuk keperluan ini, perkiraan biaya renovasi apartemen perlu dicari tahu.

Saat Tepat Renovasi Apartemen


Sebagaimana bangunan-bangunan yang lain, apartemen juga memiliki umur pakai. Dengan perawatan yang baik, bisa saja apartemen dengan kualitas bangunan yang bagus dapat bertahan hingga lebih dari sepuluh tahun tanpa renovasi besar. Namun, apartemen yang pembangunannya kurang bagus, mungkin sudah membutuhkan renovasi setelah beberapa tahun.

Renovasi juga dapat dilakukan ketika pemilik apartemen ingin mengubah fungsi ruang. Sebagai contoh, karena sudah memiliki junior, maka apartemen satu kamar harus diubah pengaturan sekatnya, sehingga ada tambahan kamar bagi si kecil. Alasan seperti ini masuk akal dan memang dibutuhkan.
Jadi, renovasi apartemen dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Yang paling tahu kebutuhan penghuni apartemen sudah tentu pemilik apartemen itu sendiri. Agar proses renovasi berjalan dengan baik dan tidak mengalami kekurangan biaya, maka pemilik apartemen harus mengetahui perkiraan biaya renovasi apartemen yang ditempati.

Keuntungan mengetahui perkiraan biaya ini adalah untuk memulai setelah uang telah benar-benar tersedia. Dengan tersedianya uang, pemilik dapat menyewa tenaga kerja secara pasti hingga pekerjaan selesai. Jika uang belum tersedia, otomatis pekerjaan dihentikan ketika uang telah habis. Padahal, untuk mencari orang kembali ketika uang kembali tersedia, bukanlah perkara mudah. Terutama di daerah perkotaan.

Beberapa Hal Yang Perlu Menjadi Perhatian Dalam Renovasi


Perkiraan biaya renovasi apartemen dapat menjadi panduan dalam merencanakan keuangan dan proses pembangunan. Berikut ini beberapa hal yang perlu menjadi perhatian saat menyusun perkiaraan biaya:

1. Luas Area Yang Akan Dikerjakan

Insinyur sipil atau mandor pekerjaan lapangan dapat menentukan kisaran biaya yang diperlukan untuk sebuah proses pembangunan berdasarkan luas area yang akan dikerjakan. Biaya ini merupakan rata-rata kebutuhan berbagai bahan dan tenaga kerja yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Jika ragu dengan seorang insinyur sipil atau mandor, cari pendapat kedua dan ketiga dari ahli yang lain. Meskipun tenaga ahli, tetapi sebelum renovasi berlangsung, mereka tetap bersifat sebagai pemberi saran dan pendapat saja. Keputusan akhir tetap ada pada pemilik apartemen. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik berbagai saran dan masukan yang diberikan tenaga ahli yang Anda hubungi.

2. Bahan 

Renovasi tidak terlepas dari berbagai bahan bangunan. Survei harga dan inflasi, sehingga Anda dapat memperoleh produk yang benar-benar baik dan harganya paling efisien. Angka inflasi bisa menjadi acuan memperkirakan kenaikan harga pada saat pembangunan siap dimulai. Khusus masalah biaya, pemilik apartemen harus proaktif dan detil. Informasi detail dapat menjadi panduan saat harus menangani pekerjaan berikutnya.

3. Tenaga Kerja

Tidak semua orang memiliki kemampuan alami merenovasi apartemen. Pastikan pemimpin proyek mengambil tenaga kerja yang cakap dan dapat bekerja dengan baik. Ketersediaan tenaga kerja dengan keterampilan yang sesuai dapat membantu pekerjaan berlangsung efektif dan efisien.

Umumnya, pekerjaan bangunan dilakukan dengan dua metode. Yang pertama adalah sistem harian, diaman pekerja dibayar setiap hari, sepanjang jadwal pekerjaan. Sistem kedua dilangsungkan sesuai proyek. Jadi, pekerja mendapat bayaran sesuai proyek. Kelemahan metode proyek, pekerja sering bekerja dengan tergesa-gesa demi ingin segera pindah ke proyek yang lain dan mendapat lebih banyak uang.

4. Waktu 

Perhitungkan waktu pengerjaan. Hindari terlalu memaksakan diri, sehingga kurang merespon baik waktu istirahat pekerja. Selain itu, waktu terbaik memulai pekerjaan bukanlah di musim hujan deras, sebab dapat merusak hasil kerja. Hujan deras bahkan dapat menyebabkan hasil kerja menjadi tidak maksimal karena belum sempat kering. Kondisi ini menghasilkan produk yang tidak sempurna dan tidak awet. 

Sebelum melakukan sebuah renovasi tempat tinggal, pastikan telah menyusun perkiraan biaya renovasi apartemen Anda. Umumnya, untuk apartemen studio, diperlukan biaya mulai dari 40 juta rupiah untuk melakukan renovasi kitchen set, lemari, meja, flooring, dinding, dan kamar mandi.
Punya panduan renovasi apartemen yang lain? Ayo tuliskan di kolom komentar.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Perkiraan Biaya Renovasi Apartemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel