Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Furniture Untuk Taman

Furniture untuk taman memang kurang begitu populer di negara kita, sebab...kita takut sama panas matahari, beda sama orang penghuni negara 4 musim yang sangat suka sama panas matahari, itulah makanya orang2 sana seneng banget berjemur di pantai, atau dipinggir kolam renang mereka. yang notabene perlu furniture untuk taman atau untuk luar ruangan. Beda kalau sama kita, lha wong pergi renang ke pantai aja pakai pakaian panjang full ketutup kok, bahkan ada yang pakai hijab juga. takut item kena matahari :D meskipun ini gak sepenuhnya bener, tapi banyak benernya kok...ye kan???

Furniture untuk taman di negara kita fungsinya lebih ke acara nongkrong daripada menikmati hangatnya surya. yang itu perfectly okay karena kita tropis, sudah kenyang sama hangat belaian sang surya. nongkrongnya juga kebanyakan di tempat yang adem atau kalau nggak ya di malem hari. Panas...gerah...kringetan jadi jelek gak cling lagi kan.

Tips Memilih Furniture Taman

Furniture taman dibuat dari bahan yang tahan air, dan tahan panas juga. Memang harus begitu karena posisi dia yang diluar ruangan, kena hujan panas langsung, gak lucu kalau baru kena panas semusim sudah rusak kan? maka dari itu, anda perlu memilih bahan yang tepat sebelum membeli furniture untuk outdoor. Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasa dipakai untuk furniture outdoor.

  • Kayu Jati

furniture untuk outdoor
Kalau anda mau tampilan yang alami, lebih menyatu dengan alam dan mungkin terkesan klasik. maka kayu adalah pilihan yang tepat. ada buanyak sekali jenis kayu yang dipakai untuk furniture, namun kalau kita ngomong masalah furniture luar ruangan, maka kayu jati adalah pilihan utama di seluruh dunia.

Keunggulan kayu jati adalah kekuatan nya yang luar biasa terhadap cuaca ekstrim, baik panas, hujan dan salju. hal ini di karenakan kayu jati punya kandungan minyak alami yang tinggi dan befungsi untuk melindungi nya dari air. itulah sebabnya kayu ini banyak dipakai untuk bahan kapal dan perahu pada jaman kerajaan dulu sampai sekarang.

Keunggulan yang kedua, serat kayu jati itu cakep yaaa...ada banyak kayu yang tahan cuaca kayak kayu besi, ulin, meranti dll. namun seratnya lurus2 kayak kayu kelapa gitu, gak menarik.
Kekurangannya adalah harganya yang relatif mahal.
Hal yang perlu diperhatikan kalau mau beli furniture outdoor bahan kayu jati adalah, bagaimanapun juga kayu tetap peru perawatan, kalau di kayu jati ini, semakin dia kehujanan dan kepanasan, warna kayu yang tadinya coklat kekuningan khas kayu jati akan berubah menjadi ke abu2an, ini bukan merupakan kerusakan, melainkan upaya kayu untuk melindungi permukaannya saja, jadi jangan kaget ya. cara perawatannya adalah dengan aplikasi bahan pelindung kayu seperti teak oil atau outdoor wax, yang itu perlu rutin aplikasinya. kalau di negara kita mungkin aplikasinya sebelum musim hujan mungkin ya...

  • Logam

Bahan furniture outdoor yang kedua yang banyak dipasaran adalah logam, nah logam ini ada beberapa juga, yang paling banyak adalah Aluminium, kemudian stainless steel, besi tempa dan besi cor. Masing2 punya kunggulan dan kelemahannya masing2.

Stainless dan aluminum tahan terhadap karat, namun harga stainless steel lumayan mahal dibanding bahan logam lainnya. sedang kalau besi tempa dia mudah di bentuk, jadi mau bikin model yang melengkung meliuk2 dia bisa karena dia besi karbon rendah, yang artinya fleksibel. sayangnya dia mudah karatan, kalau tidak dilapisi cat yang bagus bakalan cepet banget karatan. Sedang kalau besi cor dia bisa bikin bentuk2 kompleks seperti ukiran dan insignia tanpa batas. sayangnya mahal kalau mau bikin design yang rumit.

Jadi kalau anda mau furniture untuk taman yang sekuat baja ya pakailah baja, logam maksudnya...kombinasi logam dengan kayu, atau dengan plastik dan bahan sintesis juga merupakan pilihan yang bagus. sering kan anda lihat kursi yang seperti anyaman rotan yang warna warni itu? nah rangkanya biasanya dari aluminium dan anyaman rotannya dibuat dari sejenis plastik itu...cakep juga kok.
furniture outdoor rotan
Img Source: pinterest.com

  • Plastik

Bahan furniture untuk taman yang berikutnya adalah plastik. Banyak yang mikir kalau plastik pasti gampang rusak, rapuh dan gak awet. bener sih, tapi dengan teknologi yang ada, nggak juga lho...dengan ditemukan polimer jenis baru yang lebih tahan cuaca, plastic furniture bisa jadi pilihan yang "bijak", karena satu alasan saja. Murah...
furniture outdoor

Setelah anda tahu beberapa jenis bahan yang dipakai untuk furniture taman, sekarang anda bunya sedikit bahan pertimbangan jika mau beli untuk rumah atau properti anda. Sesuaikan dengan kebutuhan anda supaya tidak wasting money", Sementara sekian dulu sharing kami, jika ada kritik dan saran atau pertanyaan silahkan di tulis dikolom komentar ya. Terima kasih

Post a Comment for "Tips Memilih Furniture Untuk Taman"

loading...