Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor2 Yang Menentukan Berapa Harga Rumah Kayu

Rumah kayu di zaman sekarang ini bukanlah sebuah hunian bagi kalangan yang ekonomi lemah atau hanya ada di desa2 saja, melainkan sudah di adopsi untuk perumahan elite di pusat kota juga. Meskipun sama2 dibuat dari kayu, namun jangan salah...kayu satu dengan kayu jenis yang lain beda harganya bisa jauh banget lho, antara langit dan bumi ibarat kata. Begitu pula dengan design dan detailnya, ini juga pengaruh banget sama harga dan kesan yang ditimbulkannya. Jadi kalau begitu, hal2 apa saja sih yang berpengaruh terhadap berapa harga rumah kayu itu? Mari simak penjelasan kami dibawah ini...

Jenis Kayu Pengaruh Sama Harga Rumah Kayu

Ini adalah faktor utama yang mempengaruhi harga jual sebuah rumah kayu. Meskipun hampir semua kayu bisa dipakai untuk membangun rumah kayu, namun harga bahan kayu gelondongnya juga beda, ini terkait erat sama kualitas si kayu itu sendiri. Semakin berkualitas bahan bakunya, maka semakin mahal pula harganya. Berikut ini adalah beberapa kayu yang banyak dipakai untuk pembuatan rumah kayu, kami jelaskan pula mengenai kualitas serta perkiraan harganya.
  • Rumah Kayu Jati
Tidak bisa dipungkiri lagi, rumah kayu yang memakai bahan jati adalah yang paling mahal.  Hal ini disebabkan kayu jati sendiri memiliki nilai jual yang tinggi dipasaran, baik sebagai bahan baku pembuatang furniture maupun untuk pembuatan flooring/lantai kayu. 

Kayu jati sudah dikenal bagus dan kuat sejak jaman dahulu kala, banyak dipakai untuk pembuatan rumah dan konstruksi kapal. Dia tahan air dan tahan rayap karena kandungan minyak alami yang tinggi, makanya bisa awet banget. Selain itu kayu jati juga cakep banget seratnya, kombinasi cakep dan awet jadi mahal. Harga rumah kayu jati bekas yang sudah umur ratusan tahun pun masih muahal, bahkan kalau kondisinya masih bagus, bisa lebih mahal dibanding yang baru dibangun lho.

Sebagai referensi saja nih, harga rumah kayu jati kayak digambar ini ukuran 10 x 9 meter, dijual dengan harga 295.000.000.
berapa harga rumah kayu

  • Rumah Kayu Nyatoh
Kayu nyatoh banyak dipakai untuk bahan bangunan karena terkenal awet dan kuat, namun seratnya lurus dan tanpa motif jadi kurang bagus tampilannya kalau dibanding kayu jati. Kayu nyatoh ini biasanya dipakai bersama kayu besi sebagai rangka konstruksi nya dan nyatoh sendiri dipakai untuk panel dinding, pintu dan jendela.

Harga rumah kayu nyatoh bervariatif tergantung ukuran dan detail, misal gabar dibawah ini, ukuran 6 x 6 meter dihargai 100 jutaan, kami sertakan link penjual nya dicaption gambar.
rumah panggung kayu
link penjualnya disini
  • Rumah Kayu Glugu / Kelapa
Kayu kelapa atau glugu sudah banyak dipakai sebagai bahan bangunan sejak dahulu kala, kalau sekarang banyak dipakai untuk bahan pembuatan gazebo kayu glugu. Kayunya terkenal keras dan kuat sekali, namun hanya bagian pinggir yang dipakai, kalau yang tengah kayu malah empuk dan tidak kuat kayu kelapa ini. kayu glugu juga kurang begitu suka air, makanya harus dijaga jangan kena hujan langsung secara terus menerus arena bisa lapuk dini.

Harga rumah kayu dengan bahan kayu glugu bervariasi tergantung ukuran dan designnya, sebagai contoh gambar rumah kayu dibawah ini ukuran 5 x 6 meter dihargai 68 juta di marketplace.
rumah kayu glugu

Ada banyak lagi kayu tropis yang bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan rumah kayu, Masing2 punya keunggulan dan kelemahannya.

Design Rumah Kayu Juga Pengaruh Sama Harga

Point kedua yang berpengaruh terhadap berapa harga rumah kayu adalah designnya, meskipun ukuran sama dan bahan baku sama namun kalau designnya yang satu sederhana dan pasaran dan yang satu rumit dan banyak detail2 yang baru, maka harganya pun bakal beda. Ini hubungannya sama berapa lama pengerjaannya dan juga berapa banyak bahan baku yang dipakai saat pembuatannya.

Design rumah kayu bisa dibikin simple seperti model modern minimalis yang lagi booming sekarang ini, dan juga bisa dibikin klasik seperti rumah joglo jawa yang penuh ukiran atau rumah gadang sumatra barat yang memukau. yang simple designnya tentu mudah dibuat dan harganya pun jadi lebih murah, namun kadang, ada design rumah kayu modern yang menghabiskan banyak sekali bahan baku seperti, log house atau rumah kayu yang pakai kayu gelondong. itu mudah bikinnya, tapi mahal banget karena bahan baku nya buanyak. coba bayangin kalau log house dibikin pakai kayu jati...selangit pasti harganya kan.

Rumah modern bahan kayu yang simple tampilannya juga belum tentu murah harganya, misal seperti gambar dibawah ini, pasti bakalan mahal karena designnya yang gak biasa menjadikan biaya pembuatannya jadi mahal. ini hanya gambar render sih, tapi yang penting anda tahu point nya kan?
rumah kayu modern

Design Interiornya Juga...

Hal yang terakhir yang mempengaruhi harga rumah kayu adalah interiornya, lagi, ini hubungannya sama berapa banyak bahan baku yang dipakai dan berapa lama proses pengerjaannya yang dipengaruhi oleh kerumitan design. Contoh...rumah joglo jawa itu banyak yang pake gebyok ukiran, baik di luar maupun dibagian interiornya, nah itu bakal beda biaya pembuatannya kalau dibanding rumah kayu minimalis yang polos2 saja kan? 

Contoh lagi, jumlah ruangan dalam rumah kayu juga berpengaruh sama harga, semakin banyak ruangan didalam rumah maka semakin banyak pula bahan baku yang diperlukan dan juga tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pembuatannya.
Kesimpulannya...
Diatas adalah beberapa point yang perlu anda perhatikan sebelum membeli atau membuat rumah kayu, semakin anda tahu lebih detail tentang hal2 yang mempengaruhi berapa harga rumah kayu, maka semakin susah anda untuk dibohongi orang. Misal anda pakai pemborong gitu kan...? Silahkan tambahkan informasi lain yang mungkin bisa melengkapi tulisan ini dikolom komentar dibawah, atau bagikan kepada teman2 jika berkenan, terima kasih...

Post a Comment for "Faktor2 Yang Menentukan Berapa Harga Rumah Kayu"